Connect with us

Nih Daftar Pejabat Terkaya di Batu Bara, Ternyata Sapri Moesa yang Paling Tajir Melintir

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bati Bara, Sapri Moesa hingga saat ini masih menduduki poisisi urutan pejabat eselon II paling terkaya di kabupaten Batu Bara.

EKONOMI

Nih Daftar Pejabat Terkaya di Batu Bara, Ternyata Sapri Moesa yang Paling Tajir Melintir

Hingga kini, Sapri Moesa masih menempati posisi ‘sultan’ dengan urutan teratas sebagai pejabat paling tajir melintir di kabupaten Batu Bara. Posisi kekayaan Sapri ini terbilang masih jauh melebihi dari kekayaan Sekda. Tak hanya itu, kekayaan Sapri juga terbilang masih diatas kekayaan Kadis PUTR, Kadis Perkim hingga Kadis kesehatan yang merupakan Pengguna Anggaran (PA) terbanyak pada pos APBD Batu Bara.

Kontra.ID — Daftar pejabat setingkat eselon II dengan harta kekayaan tertinggi di kabupaten Batu Bara terkini telah diekspos oleh KPK.

Dilansir dari laman Kpk.go.id. Berikut ini sosok pejabat Pemerintah kabupaten Batu Bara setingkat pejabat Eselon II yang memiliki kekayaan harta yang melimpah.

1. Sapri Moesa

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bati Bara, Sapri Moesa hibgga saat ini masih menduduki poisisi pejabat paling terkaya.

Pejabat Eselon II Pemkab Batu Bara dengan harta kekayaan tertinggi saat ini adalah Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Batu Bara, Sapri Moesa.

Sapri Moesa tercatat memiliki harta dengan kekayaan total sebesar Rp 3.650.000.000 periode tahun 2021.

Miliaran harta Sapri didominasi oleh Harta Bergerak sebesar Rp 1,7 Miliar. Tanah dan Bangunan Rp1.5 miliar, terletak di Medan, Alat Transportasi jenis Fortuner senilai Rp 450 juta.


Hingga detik ini, Sapri Moesa masih menempati posisi ‘pejabat terkaya berdasarkan data dari LHKPN kpk.go.id periode 2021 lalu.

Posisi kekayaan Sapri ini terbilang jauh melebihi dari kekayaan Sekda.

Tak hanya itu, kekayaan Sapri juga masih diatas kekayaan Kadis PUTR, bahkan lebih tajir melintir dari Kadis  kesehatan yang merupakan pemegang Anggaran terbanyak pada pos APBD, termasuk dari seluruh Eselon II.

2. Khairul Anwar

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang Kabupaten Batubara Khairul Anwar.

Pejabat terkaya kedua berdasarkan data LHKPN KPK diduduki oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Batu Bara, Khairul Anwar. Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan per Januari 2021, Khairul Anwar memiliki total harta kekayaannya sebesar Rp.3.457.770.233

Sebelum menduduki jabatan Kepala Dinas PUTR Batu Bara, Khairul pernah tercatat menduduki sejumlah jabatan penting di Pemerintah provinsi Sumut, dianataranya Kadis Tarukim, dan Kadispora Sumatera Utara.

3. Radyansyah Fitrianda Lubis

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Batu Bara Radyansyah Fitrianda Lubis

Pejabat kaya tajir melintir dan berharta terbanyak di posisi ketiga ditempati oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Radyansyah Fitrianda Lubis. Harta yang dimilikinya berdasarkan LHKPN sebesar Rp. 2.347.974.634.

Sebelum menduduki Kadis PMD, Radyansyah pernah tercatat menduduki sejumlah jabatan seperti  Kabag Humas Sekda, Kasat Pol PP, Plt Kadusduicapil, dan PlT Kepala BKD

4. Sakti Alam Siregar

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar.

Pejabat kaya urutan ke 4 ditempati oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar.

Harta yang dimiliki Sakti Alam Siregar berdasarkan laporan terbaru di laman Kpk.go.id sebesar Rp. 1.757.931.000.

Seblum diposisi Sekda, Sakti Alam Siregar tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan diantaranya sebagai Kepala Dinas Pertanian, Inspektur Daerah, Kepala Dinas Tarukim hingga Asisten Administrasi Umum Daerah.

5. Agus Andika 

Sekretaris DPRD Batu Bara Agus Andika

Selanjutnya poisisi pejabat eselon II dengan harta terbesar ke 5 ditempati oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batu Bara Agus Andika. Kekayaan Agus Andika berdasarkan LHKPN periode 2021 mencapai Rp. 1.740.064.726.

Seblum diposisi Sekretaris Dewan, Agus Andika tercatat pernah menduduki 4 kursi Pejabat penting, dianatanya Kabid pada Bappeda, BPBD, Kabid oada Dinas Tarukim hingga Sekretaris pada Dinas PUTR.

6. Sahala Nainggolan

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah kabupaten Batu Bara, Salaha Nainggolan

Selanjutnya Pejabat dengan kekayaan berlimah ke 6 adalah Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Batu Bara, Sahala Nainggolan. Harta yang dimilikinya berdasarkan LHKPN per 2021 adalah sebesar Rp. 1.533.088.908.

7. Renol Asmara

Asisten bidang Administasi Umum Daerah Kabupaten Batu Bara, Relond Asmara.

Pejabat dengan harta terbanyak ke 7 ditempati oleh Asisten bidang Administasi Umum Daerah kabupaten Batu Bara, Relond Asmara.

Harta yang dimiliki Renold Asmara berdasarkan laporan terbaru di laman Kpk.go.id sebesar Rp 1.421.421.583.

Sebelum menduduki Asistem Umum Sekretariat Daerah, Renold tercatat pernah menduduki jabatan sebagai Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan kabupaten Batu Bara.

8. Wahid Khusyairi

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Batubara drg Wahid Khusyairi.

Pejabat berharta terbanyak ke 8 diduduki kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, drg. Wahid Khusyairi

Mantan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Haji Medan ini memiliki total kekayaan sebesar Rp1.408.170.269.

9. Antoni Ritonga

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupatem Batubara Antoni Ritonga

Kemudian yang menempati daftar pejabat kaya nomor 9 diduduki oleh kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Batubara Antoni Ritonga.

Harta yang dimiliki Antoni Ritonga berdasarkan laporan LHKPN per 2021 adalah sebesar Rp. 1.095.175.000

10 Ahmadan Chair

Staf ahli bidang Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah, Ahmadan Chair. Saat ini ahmadan Chair juga merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah kabupaten Batu Bara.

Pejabat terkaya nomor 10 ditempati oleh Staf ahli bidang Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah, Ahmadan Chair, dengan total harta kekayaannya sebesar Rp.890.741.623.

11. Berlin Sovyan Hutabarat

Plt Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Batu Bara, Berlin Sovyan Hutabarat.

Selanjutnya pejabat terkaya nomor ke 11 ditempati oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Batu Bara, Berlin Sovyan Hutabarat. Harta yang dimiliki Berlin Hutabarat di laporan Kpk.go.id sebesar Rp804.958.206.

12. Rijali

Kepala Badan Pendapatan Daerah kabupaten Batu Bara, Rijali

Pejabat terkaya nomor 12 ditempati oleh Kepala Badan (Kaban) Pendapatan Daerah (Bapenda) Batu Bara, Rijali dengan total harta kekayaannya sebesar Rp 626.774.144

13. Ir Hakim

Kepala Badan Keuanagan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Batu Bara Ir Hakim

Pejabat terkaya diurutan 13 ditempati Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Batu Bara, Hakim, total kekayaannya senilai Rp630.124.455

14. Ryadi

Kepala Dinas Sosial, Permpuan san Perlindungan Anak Batu Bara, Ryadi

Pejabat kaya nonor 14 diduduki oleh Kepala Dinas Sosial, Permpuan dan Perlindungan Anak Batu Bara, Ryadi. Harta yang dimiliki Ryadi saat ini tercatat sebesar Rp Rp567.494.336.

15. Rosdiana Damanik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), kabupaten Batu Bara, Rosdiana Damanik.

Selanjutnya, Pejabat kaya nomor 15 diduduki oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Batu Bara, Rosdiana Damanik. Harta yang dimilikinya sebesar Rp520.000.000.

16. Azwar

Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politk Kabupaten Batu Bata Azwar

Pejabat dengan kekayaan urutan ke 16 dididuki Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politk Azwar, dengan kekayaan sebesar Rp 492.727.604.

17. Maeda Soetopo

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Batu Bara, Maeda Soetopo

Selanjutnya pejabat eselon II dengan kekayaan urutan 17 didusul oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Batu Bara, Maeda Soetopo dengan seluruh total harta kekayaannya sebesar Rp 445.261.870.

18. Attaruddin

Inspektur Daerah Batu Bara Attaruddin

Pejabat dengan posisi kekayaan urutan ke 18 diduduki oleh Inspektur Daerah kabupaten Batu Bara, Attaruddin dengan seluruh total kekayaannya sebesar Rp.193.768.18.

19. Rusian Heri

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Batu Bara, Rusian Heri.

Pejabat eselon II dengan posisi kekayaan urutan ke 19 ditempati Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Batu Bara, Rusian Heri dengan total seluruh kekayaannya sebesar Rp187.624.349

20. Muhammad Ridwan 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Muhammad Ridwan

Pejabat eselon II dengan kekayaan urutan ke 20 ditempati oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Muhammad Ridwan, dengan seluruh total kekayaannya sebesar Rp 143.873.455.

21. Norma Deli Siregar

Kepala Dinas Perumahaan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Batu Bara Norma Deli Siregar.

Sedangkan di urutan ke 21 diduduki oleh kepala Dinas Perumahaan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Batu Bara Norma Deli Siregar, dengan total kekayaan sebesar Rp.127.679.726

22. Abdul Rahman Hadi

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Batu Bara, Abdul Rahman Hadi

Sementara untuk diposisi ke 21 disusul oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Batu Bara, Abdul Rahman Hadi, dengan total kekayaan sebesar Rp 118.383.364.

23. Muhammad Daud

Kepala Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Batu Bara, Muhammad Daud.

Untuk diposisi ke 23 ditempati oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Batu Bara, Muhammad Daud. Dari Seluruh Total kekayaan yang dilaporkannya sebesar Rp. 70.000.000.

24. Muhammad Sa’ban Harahap

Harta Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batu Bara Muhammad Sa’ban Effendy Harahap berada diurutan paling terkecil.

Menariknya, Muhammad Sa’ban Effendi Harahap yang merupakan Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) nonaktif yang saat ini dikabarkan telah melarikan diri atas dugaan kasus penipuan miliaran rupiah terhadap sejumlah kontraktor dan diduga membawa lari uang kantor, ternyata hanya memiliki  kekayaan total sebesar Rp. 45.000.000.

6 Daftar Nama Pejabat yang Kekayaannya Belum Ditemukan

Kontra.id sudah coba menelusuri seluruh harta kekayaan dari 30 nama-nama Pejabat kabupaten Batu Bara, yang wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) diukur berdasarkan tunjangan setingkat eselon II lewat  LHKPN, yang dirilis oleh KPK.

Sayangnya terdapat 6 daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Batu Bara yang belum ditemukan kekayaannya di LHKpN. Berikut daftar namanya:

1.  Arif Hanafiah.

Harta Kekayaan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Batu Bara, Arif Hanafiah hingga saat ini belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)

2. Darwinson Tumanggor

Hingga saat ini Kekayaan Darwinson Tumanggor sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

3. Edwin Aldrin Sitorus

Hingga saat ini Kekayaan Edwin Aldrin Sitorus sebagai Kadis Kominfo Batu Bara belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

3. Elpandi

Hingga saat ini Kekayaa Elpandi sebagai Plt Kepal Dinas Perpustakaa Batu Bara belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

5. Buhari Imran

Hingga saat ini Kekayaan Buhari Imran sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian dan Perdagangan Batu Bara belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

6. Abdu Zahrul

Hingga saat ini Kekayaan Abdu Zahrul sebagai Kepala Bappelitbangda Batu Bara belum dapat ditemukan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

An introverted mind wanderer who loves writing to heal, help, and live. Photography enthusiasts and philosophy admirer.

More in EKONOMI

To Top