Connect with us

Pemkab Batu Bara Gandeng USU, Ini Bentuk Kerjasama yang Tercipta

KILAS DAERAH

Pemkab Batu Bara Gandeng USU, Ini Bentuk Kerjasama yang Tercipta

Kontra.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara tandangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Sumatera Utara, penandatanganan MoU ini dilakukan langsung oleh Bupati Batu Bara Zahir dengan Rektor USU Professor Runtung Sitepu di Gedung Biro Pusat Administrasi USU pada Rabu (8/1/2019) kemarin.

Penandatangan MoU ini terkait dengan rencana peningkatan dan optimalisasi pembangunan di Kabupaten Batu Bara dalam hal penataan tata ruang wilayah yang melipiti kawasan perkotaan, kawasan pantai dan kawasan pedesaan.

Selain itu, penataan tata kelola dan pengkajian kepuasan publik terhadap pelayanan di bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pemberdayaan aparatur, bidang lingkungan hidup dan energy sumber daya mineral, bidang pertanian, bidang perikanan, bidang penelitian dan pengembangan, bidang pengabdian masyarakat, bidang perencanaan wilayah, bidang pariwisata dan bidang perindustrian perdagangan.

Kepercayaan Pemerintah Batu Bara Terhadap USU

Atas penandatanganan MoU tersebut, Bupati Batu Bara Zahir mengakui kalau dirinya sangat percaya dengan hasil riset dan lembaga penelitian tersebut.

Untuk itu, ia berharap agar kerjasama yang terjalin dengan pihak USU dapat membantu Pemkab Batu Bara agar tidak terkesan asal-asalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga hal itu dapat menjadi acuan dalam pelayanan yang dilakukan oleh jajaran kabinet pemerintahannya.


Diharapakan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera

“melalui kesepakatan ini kami berharap universitas sumatera utara, dapat membantu untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pembangunan di wilayah Batu Bara yang akhirnya diharapakan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera” Ungkap Zahir.

Sambutan Bupati Batu Bara Zahir

Zahir menambahkan dengan dibuatnya nota kesepahaman tersebut, pemkab Batu Bara dengan USU dapat menindaklanjutinya ketahap berikutnya untuk melakukan perjanjian kerjasama ini.

“Pada Tahun 2019 , kerjasama yang akan dilaksanakan adalah terkait dengan bidang perencanaan wilayah, yakni untuk menyusun dokumen master plan kedepanya, yang nantinya dokumen master plan tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk penyusunan rencana pembangunan di wilayah  baik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, pihak swasta ataupun masyarakat.

Semua Rencana Pemerintah Batu Bara Harus Berdasarkan Riset

oleh karena itu, semua rencana ini harus diriset berdasarkan naskah kajian akademik, sehingga bisa terlihat barometer capaian kinerja pemerintah Batu Bara lebih terarah, terukur dan tersistematis” pintanya

“dan kami juga berharap pelaksanan kerjasama ini juga dapat dilaksanakan dengan penuh efisiensi, efektif, transparan, adil dan sesuai dengan ketentuan” Ungkap Buapti mengakhiri sambutannya.

USU dan API Siap Membantu Pemerintah Batu Bara

Menaggapi kebutuhan Bupati Zahir, Rektor USU Prof Runtung  menyarankan agar pemkab Batu Bara menjalin kerjasama dengan Asosiasi Profesor Indonesia (API) Sumut, “sehubungan saat ini saya yang menjabat sebagai Ketuanya” kelakarnya

Ia menandaskan bahwa USU dan API siap membantu pemerintah Batu Bara dalam segala sektor tata kelola pembangunan.

“Saya berharap, penandatanganan MoU ini juga jangan sampai berhenti hanya sebatas formalitas semata. Tindak lanjut dan komitmenya yang lebih penting. Selain itu, harus ada pengembangan kerjasama lanjutan pada bidang lainnya juga,” tandas Rektor.

Hadir dalam kesaksian acara itu, Sekda Batu Bara Sakti Alam Siregar, Plt Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Rijali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Zainal Manurung, Plt Kepala Dinas Pendidikan Riswandi,Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ahmad Ensten Perwakilan DPRD, Syafrizal Ramli Beserta Wakil Rektor I USU Professor Rosmayati dan Wakil Rektor III  Mahyuddin KM Nasution. *Kontra/Red/TAF *Adv

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top