Connect with us

Dalam Setahun, Harta Kekayaan Bupati Batu Bara Melonjak Sampai Rp6,6 Miliar Lebih

Bupati Batu Bara Ir Zahir M.Ap - Foto Istimewa/ Kontra.ID.

KILAS DAERAH

Dalam Setahun, Harta Kekayaan Bupati Batu Bara Melonjak Sampai Rp6,6 Miliar Lebih

Kontra.ID — Harta kekayaan Bupati kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Zahir meningkat hingga mencapai Rp 6.615.124.042.

Peningkatan itu terbilang fantastis karena hanya berselang setahun lebih menjabat terhitung 23 Maret 2020 kekayaannya capai 6,6 miliar.

Dilansir dari laman resmi KPK tentang Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total kekayaan Bupati Batu Bara Zahir mencapai Rp6.615.124.042.

Untuk diketahui, sebelum menjabat pada tahun 2018 lampau, Bupati Zahir hanya memiliki harta dengan kekayaan senilai Rp4.573.726.942.

Nilai Rp 4.573.726.942 itu dilaporkan Bupati Zahir tepatnya jelang Pilkada Batu Bara 2018 lalu.

Sesuai ketentuan, salah satu syarat untuk menjadi salah seorang calon Bupati, yakni dengan melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.


Setahun setelah Zahir dilantik sebagai Bupati pada 27 Desember 2019, hingga Pada 23 Maret 2020, total kekayaan Bupati Zahir dilaporkan melonjak hingga capai Rp6.6 miliar, atau meningkat hingga tembus Rp 2 miiar lebih.

Catatan Harta kekayaan Bupati Batu Bara Zahir – Sumber foto: LHKPN.

Harta kekayaan Bupati Zahir tersebut terdiri dari 4 bidang tanah dengan nilai mencapai Rp2,5 miliar.

Kemudian alat transportasi senilai Rp 927 juta, harta bergerak Rp 1,4 miliar, setara kas Rp 2,5 miliar.

Dalam rinciannya, mayoritas harta kekayaan Bupati Zahir, yakni tanah dan bangunan dengan nilai yang mencapai Rp2.573.550.000.

Jumlah itu terdiri dari 4 bidang tanah yang tersebar di kabupaten Batu Bara dan di kota Medan.

Selanjutnya, harta dan seluruh kekayaan Bupati tajir di provinsi Sumatera Utara ini yang terbesar lainnya adalah setara kas yang mencapai senilai Rp2.570.888.042.

Bupati Zahir juga memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 927.000.000, berupa satu unit kendaraan mewah Mobil Totoya Alphard, Yamaha Mio dan Nmax. Harta Zahir yang bergerak lainnya hingga mencapai Rp 1.414.000.000.

Menaggapi harta kekayaan Bupati Zahir yang melonjak hingga tembus Rp6.6 miliar atau meningkat hingga lebih dari Rp 2 miliar setahun setelah menjabat sebagai Bupati, Ketua Garda Jokowi Batu Bara Julianus Baringbing menduga Laporan Kekayaan Bupati Zahir yang dilaporkannya melalui via online ke KPK tersebut diduga palsu alias tidak sesuai fakta.

Ketua Garda Jokowi kabupaten Batu Bara, Julianus Baringbing (tengah).

Ketua Organisasi pendukung Presiden Joko Widodo ini mengatakan “laporan LHKPN Bupati Batu Bara Zahir kepada KPK tersebut tidak sesuai dengan fakta-fakta yang ada di lapangan,” kata Julianus, Senin (23/6/2020) malam.

Selain itu, Julianus menduga laporan LHKPN yang dilaporkan Zahir kepada KPK itu tidak memuat harta miliknya secara keseluruhan.

“Dan nilai harta kekayaan saudara Zahir ini kami menduga tidak sesuai dengan fakta,” ucapnya.

Seperti diketahui, lanjut Julianus, “hari ini Bupati Zahir telah hidup dengan bergelimang dengan harta – harta mewah dan mahal, dan kami menduga masih ada banyak harta kekayaannya tidak dilaporkan kepada KPK,” kata Julianus.

“Termasuk salah satu diantaranya yang tak dilaporkan (Bupati) Zahir adalah adanya dugaan penerimaan aliran gratifikasi yang diduga diterimanya dari beberapa pihak sewasta tak ada yang dilaporkan Bupati Zahir kepada KPK di LHKPN,” tambahnya.

Tak hanya itu, Julianus juga menduga, “sebahagian harta Bupati Zahir seperti mobil dan rumah mewah, beberapa usaha dan apartemen mewah diduga disembunyikan Zahir dengan mengunakan identitas orang lain sehingga tak dilaporkan di LHKPN KPK ,” kata Julianus termasuk adanya dugaan titipan harta kekayaan Bupati ke salah seorang pemilik sorum berinisal “D”.

Julianus juga menduga pola modus operandinya “hampir sama dengan Bupati sebelumnya,” kata Julianus.

Lebih lanjut, pimpinan Garda Jokowi kabupaten Batu Bara ini mengingatkan agar Zahir selaku penyelenggara negara di Batu Bara “berkewajiban memberikan LHKPN dengan transparan berdasarkan Undang-undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme,” sebutnya.

Untuk itu, Organisasi pendukung presiden Joko Widodo di Batu Bara ini mendesak KPK untuk kembali melakukan pemeriksaan atas laporan LHKPN Bupati Batu Bara secara menyeluruh dan transparan. “Secara transparan dan dilakukan secara menyeluruh,” tandasnya. **

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

4 Comments

4 Comments

  1. ปั้มไลค์

    24 Juni 2020 at 9:44 am

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. These are actually great ideas in concerning blogging.

  3. เบอร์สวยมงคล

    24 Juni 2020 at 9:47 am

    I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  4. SMS

    24 Juni 2020 at 9:49 am

    These are actually great ideas in concerning blogging.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top