Connect with us

PT Inalum Terus Bertekad Lindungi Laut dan Sejahterakan Nelayan Lokal

Bupati Batubara Ir. Zahir MAP saat menyaksikan PT inalum melepaskan bantuan sebanyak 150 unit terumbu karang buatan alias Fish Agregation Devise kepada Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Batu Bara/ Foto: Humas PT.Inalum.

KILAS DAERAH

PT Inalum Terus Bertekad Lindungi Laut dan Sejahterakan Nelayan Lokal

PT. Inalum terus berupaya memelihara dan menjaga serta mengembalikan ekosistem terumbu karang di laut dengan harapan penghasilan tangkapan ikan nelayan di kabupaten Batu Bara bisa melonjak drastis. Upaya itu dilakukan Inalum demi mengembalikan keberadaan ikan yang semakin sulit ditemukan oleh warga kabupaten Batu Bara, yang umumnya bekerja sebagai nelayan.

Kontra.ID — kemampuan terumbu karang alias coral reef dalam menyerap CO2 dan memproduksi O2 berperan sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada di sekitarnya.

Terumbu karang juga mampu melindungi daratan dari abrasi.

Sayangnya, jumlah terumbu karang di lautan Batu Bara saat ini perlahan hilang akibat penangkapan ikan berlebihan, pembangunan industri di pesisir, hingga pencemaran lingkungan dan perubahan iklim yang secara langsung dapat merusak karang dan membunuh populasi ikan, sangat umum menyebabkan banyak kematian bagi karang dan populasi ikan disekitarnya.

Terkait ini, PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) persero kembali tunjukkan kepeduliannya terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan di Batu Bara, dengan menyerahkan bantuan terumbu karang buatan alias Fish Agregation Devise (FAD) sebanyak 150 unit kepada PNTI Batu Bara sebagai upaya PT.Inalum melindungi kekayaan laut dan membantu menyejahterakan nelayan lokal di daerah tersebut.

Rencananya, bantuan terumbu karang buatan (FAD) ini akan ditenggelamkan di titik koordinat jermal 4 sekitar sejauh 4 mil dari pesisir laut garis pantai Desa GambusLaut sejauh 10 mil dari pesisir garis pantai Desa Medang.

Dalam sambutanya, Kepala Departemen CSR PT. Inalum Ismail Midi menyampaikan harapannya dengan bantuan terumbu karang dari Inalum ini, setidaknya penghasilan tangkapan ikan para nelayan bisa molonjak naik.


Kadis Perhubungan Batu Bara Jones Marpaung saat menyaksikan PT. Inalum melepaskan bantuan sebanyak 150 unit terumbu karang buatan alias Fish Agregation Devise kepada Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Batu Bara/ Foto: Humas PT.Inalum.

“Harapan Inalum dengan adanya bantuan (terumbu karang) rumpon ini, pesisir pantai di Desa Gambus Laut dan sekitarnya dapat semakin banyak ikan sehingga dapat meningkatkan penghasilan nelayan di pesisir pantai,” terang Ismail.

Lebih lanjut ismail mengatakan, aksi serupa juga pernah dilakukan PT. Inalum dalam mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan lokal, namun Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa fisik semata. Akan tetapi nelayan juga diberi bekal pengetahuan dan edukasi seperti penyuluhan kesehatan dan bantuan peralatan pelampung maupun bantuan perahu kepada nelayan.*adv.

Diusia ke-44, Inalum Terus Bertekad Bahagiakan Warga Batu Bara

Jurus Cepat Taklukkan Covid-19, Inalum Bagi-bagi 5 Ton Beras

44 Tahun Inalum Berkarya, Capaian Aluminium Tembus 8 Juta Ton

PT Inalum Komit Pimpin Satgas BUMN Basmi Covid-19 di Sumut

 

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top