Connect with us

Pemkab Batu Bara Gelar Bursa Inovasi Desa di Pendopo Zahir, Ini Tujuannya

KILAS DAERAH

Pemkab Batu Bara Gelar Bursa Inovasi Desa di Pendopo Zahir, Ini Tujuannya

Kontra.ID — Bursa Inovasi Desa Kabupaten Batu Bara resmi dibuka di Pendopo Zahir Jalan Perintis kemerdekaan di Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Limapuluh Batu Bara, Kamis (8/11/2018).

Acara pembukaan dilakukan oleh Asisten II Perekonomian Setdakab, Renold Asmara SH, mewakili Bupati Batubara, H RM Harry Nugroho SE.

Bupati H RM Harry Nugroho SE, dalam sambutannya yang dibacakan Renold Asmara menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menginformasikan pokok – pokok terkait program inovasi Desa (PID) secara umum, serta hibah dana Desa secara khusus, terutama dalam Program Inovasi Desa (PID) yang menurutnya merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam RPJMN 2015/2019.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan mengoptimalkan penggunaan dana desa sesuai UU No 6 tahun 2014 tentang Desa.

PID diselenggarakan oleh Kementerian Desa dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program sebelumnya yang difokuskan pada pendamping desa dalam pelaksanaan Undang-undang Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Pemkab Batu Bara Moh Nasir mengatakan, Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Batubara, adalah untuk meningkatkan dana desa yang di kucurkan pemerintah pusat ke kabupaten/kota.

Melalui PID diharapkan agar betul-betul dimusyawarahkan bersama BPD, jajaran di desa bersama kecamatan untuk mencapai suatu pembangunan yang efesien dan efektif.

Kegiatan tersebut dihadiri Konsultan Didik Idryanto, para kepala desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Batu Bara. [Kontra/red]

1.315 Comments

More in KILAS DAERAH

To Top