Connect with us

Zahir Minta Masjid Buka 24 Jam

KILAS DAERAH

Zahir Minta Masjid Buka 24 Jam

Kontra.ID — Bupati Batubara Ir Zahir Map kembali membuat kebijakan yang mengejutkan.

BETAPA TIDAK, Zahir yang dulunya  diisukan dan difitnah sebagai komunis dan engak membolehkan azan dikumandangkan di mesjid – mesjid pada kampanye 2018 lalu.

kini pada 6 Agustus 2019, saat dirinya sudah benar-benar memikul tahta sebagai Bupati, melalui surat edarannya justru minta seluruh Masjid-mesjid di daerah itu agar segera dimakmurkan dan dibuka selama 24 Jam.


Bahkan Zahir sempat mengaku kepada wartawan kontra.ID, bahwa kadang kala dirinya ingin marah dan meluapkan kemarahannya pada saat kampanye itu juga. Namun, di sisi lain ia merasa sebagai politikus yang pada sewaktu waktu dapat memaklumi prilaku keji itu.

Namun terkadang kemarahannya tersebut tidak juga bisa produktif. Baca selengkapnya (Di Depan Masyarakat, Bupati Batu Bara Curhat Dituduh ‘PKI’ )

Untuk itu, Dia tidak bisa menyalahkan siapa pun sebab menurutnya gunung bisa saja didaki, lautan bisa saja disebrangi, tetapi masjid jangan sampai hanya dilewati.


“Saya sering singgah ke masjid atau musholla saat berada di desa –  desa, tapi saya prihatin karna sering kali masjid atau mushollanya terkunci, bahkan ada juga yang tidak ada airnya untuk bersuci,” kata Zahir seperti dilansir waspada.id.

Untuk itu Zahir mengajak seluruh warga Batubara untuk memakmurkan masjid dan membuka rumah ibadah tersebut selama 24 jam setiap hari.

Zahir mengibaratkan bahwa Ada Pom Bensin buka selama 24 jam, rumah sakit dan hotel buka 24 jam, bahkan banyak pasar yang saat ini juga buka selama 24 jam setiap hari.

“Mengapa masjid tidak dibuka juga selama 24 jam,” ujar nya, (6/8/2019).

Bupati yang didukung oleh partai besutan megawati ini pun mengajak masyarakat Batubara untuk bersama sama berkontribusi memakmurkan masjid.

Sebab menurutnya, imbauan tersebut sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Batubara untuk mewujudkan masyarakat Industri yang berbudaya.

Bupati juga berharap kepada para pengurus masjid untuk membudayakan keramahan, mudah tersenyum, dan melayani setiap warga yang datang untuk beribadah.

“Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya muslim ini saya himbau
Kepada seluruh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) sekabupaten Batubara agar masjid dan mushalla buka 24 jam” himbaunya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan shalat sunah lima waktu dengan berjemaah di masjid, melaksanakan salat fardu juga di masjid, juga melaksanakan kebiasaan berzikir pagi dan malam di masjid.

Himbauan Bupati Batubara

“Jadi setelah setiap shalat magrib baiknya warga tidak langsung pulang. Dalam menunggu waktu isya itu, pengurus masjid dapat membuat kegiatan mengaji Alquran, oleh orang tua dan anak anaknya” tuturnya.

Dia juga meminta agar pengurus mesjid agar terus melakukan Ta’lim Wat Ta’lum, atau untuk kegiatan belajar mengajar. Khususnya bagi anak-anak untuk mengenal dan memahami Alquran, melaksanakan Dakwan Ilallah, mengajak berzikir, khitmat dan kenal kepada Allah, taat kepada Allah dan mencintai Allah.

“Mari kita membuka ladang amal dengan memakmurkan masjid selama 24 jam, Insya Allah, Allah akan memberikan kemakmuran bagi Batubara ini,” lanjut Zahir.

Pria yang beken dengan panggilan Zahir ini pun, selain menginginkan masjid dimakmurkan dengan banyak aktivitas amalan warga, dia juga mengiingginkan agar nilai kebersihan dan kesucian masjid pun juga harus dijaga.

Dalam Islam, kata dia, dikenal istilah ‘kebersihan adalah sebagian dari iman’. Sehingga menjaga kebersihkan masjid merupakan bagian dari keimanan.

Untuk itu, Mesjid harus memiliki kamar mandi dan toilet (WC) yang bersih dan tidak berbau, karna sebagai rumah ibadah, lanjut dia, air juga harus tetap tersedia sesuai syarat-syarat bersuci dalam satu kesatuan dengan Masjid.

Dikatakannya jika pengurus masjid atau musholla kesulitan untuk membangun fasilitas WC dan air bersih ini. Diharapkanya pemerintahan desa dapat mengalokasikan Dana Desa untuk menunjang sarana WC dan air bersih untuk rumah ibadah ummat Islam maupun rumah ibadah ummat lainnya.

Zahir saat membuka pendidikan dan pelatihan manajemen mesjid Lembaga Takmir Masjid (LTM) di PW Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Utara |Kontra/dok.

“Melalui himbauan ini semoga Allah SWT dapat meridhai dan menjadikan Kabupaten Batubara yang bahagia dan religius,” kata Zahir.

Mendengar himbauan itu, Ketua Majelis Infokom DP MUI Batubara H. Agusdiansyah Hasibuan langsung menyambut program ini dengan sangat gembira.

Ia mengapresiasi kebijakan Zahir yang telah mengeluarkan surat edaran untuk Memakmurkan Masjid 24 Jam.

“Alhamdulillah dengan motivasi dari Bupati, para pengurus BKM di Batubara dapat melayani dan menyambut ummat untuk beribadah, ” cetusnya. *Tuah Aulia Fuadi

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    7 Agustus 2019 at 12:22 pm

    Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top