Connect with us

Proyek Hotmix Dinas PUPR Batu Bara Gunakan Material Kadaluarsa

KILAS DAERAH

Proyek Hotmix Dinas PUPR Batu Bara Gunakan Material Kadaluarsa

Kontra.ID — Proyek pengaspalan jalan hotmix milik Dinas PUPR Kabupaten Batu Bara berlokasi Simpang Tiga Talawi menuju simpang dolok yang dilaksanakan oleh PT. Barokah Utama Karya diduga takkan bertahan lama.

Pasalnya, material utama yang digunakan dalam proyek senilai Rp. 5.6 miliar dengan panjang 2.81 Kilometer
tersebut dalam kondisi dingin, alias kadaluarsa. Sehingga material tersebut kehilangan daya rekat.

Dokumen Hitungan Perkiraan Sendiri (HPS) Dinas PUPR Batu Bara

“Sesuai syarat konstruksi, pengaspalan harus dilakukan saat material bersuhu minimal 90 derajat selsius,” ucap Ketua Demissioner Kesatuan Mahasiswa Batu Bara (Kembar), Irham Ovic kepada Kontra.ID saat sama-sama menyaksikan proses pengerjaan proyek itu, Senin [12/11]


Menurut dia, dinginnya kondisi material hotmix bisa saja diakibatkan jauhnya jarak tempuh dari tempat pembakaran (AMP) ke lokasi proyek.

Diketahui, saat material diambil di AMP kota medan bersuhu 160 derajat selsius. Dibutuhkan waktu minimal tujuh-delapan jam untuk menempuh jarak sekitar 140 kilometer ke Kecamatan Talawi. Lamanya waktu tempuh inilah yang menyebabkan material menjadi dingin.

Celakanya, saat pengerjaan proyek tak seorang pun perwakilan dari CV Mandiri Teknik Konsultan selaku pihak pengawas konsultan yang telah dibayar sebesar Rp.141.790.000,00 maupun pejabat yang berkompeten berada di lokasi ini. Sehingga pihak kontraktor PT. Barokah Utama Karya selaku pelaksana kegiatan sangat leluasa melancarkan praktek seenak perutnya mengaspal dengan hotmix bersuhu sangat dingin bercampur air hujan tersebut.


Temuan ini pernah disampaikan oleh Kru Kontra.ID kepada pihak terkait di Dinas PUPR pimpinan Sutri Amansyah dalam konteks menegur, namun diabaikan.

Informasi terhimpun, proyek yang
diduga keras sarat dengan rekayasa permainan melalui jaringan server LPSE yang dimainkan oleh sejumlah pegawai ULP Batu Bara ini dengan Selisih Pagu dan HPS dengan Penawaran Dibawah 5 Persen dengan diikuti oleh 64 perusahaan yang mendaftar, tapi hanya dua perusahaan yang memasukkan penawaran itu
sempat mengalami tender ulang.

Daftar Peserta yang melakukan Penawaran Lelang

Selain itu dapat dilihat kecurangan dalam proses pekerjaan ini saat penghamparan campuran aspal hot mix yang dihasilkan dari alat produksi Asphalt Mixing Plant [AMP] pada permukaan jalan yang dikerjakan tidak mengunakan alat Asphalt finisher. Sehingga jalan tidak rata dan ketebalannya beraneka.

Selain itu, hamparan hotmix diduga dilakukan saat suhu dingin. Akibatnya, tidak menempel, kualitas dari pekerjaan hotmix ini pun jelek bak kotoran sapi

Proyek ini bersama enam paket lainnya sedang dalam proses konsultasi dengan tenaga ahli dari USU untuk dilaporkan
ke Inspektorat, Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indinesia serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh salah satu Ormas ternama di Batu Bara.

Hingga berita ini digubrik, upaya konfirmasi ulang kepada pihak berkompeten masih diupayakan. [Kontra/*AF]

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Hati Sutri Amansyah Sama 'Kotornya' Seperti Kotoran Drainase di Batu Bara Kontra

  2. Pingback: Hati Muhammad Yunus Sama ‘Rusaknya’ Seperti Jalanan di Batu Bara Kontra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top