Connect with us

Bupati Batu Bara Jangan Terpengaruh Oknum Pembisik

KILAS DAERAH

Bupati Batu Bara Jangan Terpengaruh Oknum Pembisik

Kontra.ID — Warga kabupaten Batu Bara tentunya sudah bosan melihat tingkah laku pemerintahan Batu Bara saat ini. “Menu” ribut-ribut kerap tersaji ke khalayak akibat kehadiran seorang pembisik yang secara pelan-pelan mulai mengerus kewenagan Bupati Batu Bara, Ir Zahir Map.

Beberapa waktu belakangan, beredar rumor bahwa kebijakan bupati mulai dikoreksi oleh seseorang yang tak mempunyai jabatan struktural dalam birokrasi pemerintahan.

Maka tak heran, banyak energi masyarakat dan pejabat OPD mulai habis terkuras dalam membahas persoalan ini, sebab Bupati Zahir dianggap telah dipengaruhi oleh orang yang tidak memiliki jabatan struktural di birokrasi.


Padahal, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan oleh Bupati, termasuk persoalan antar jemput e- KTP ke rumah-rumah warga dan bantuan Pengadaan alat tangkap ikan bagi nelayan pukat trwal sebesar rp. 3 miliar yang masih dianggap sebagai ajang pencitraan tak berdasar.

Betapa tidak, program Bupati Batu Bara menjanjikan bantuan alat tangkap ikan sebesar 3 miliar akan didistribusikan kepada nelayan pukat trawl ke pukat yang ramah lingkungan pada akhir februari 2019 mendatang, namun hingga kini proses pengajuan anggaran kegiatan blum dimuat di SIRUP LKPP, bahkan lelang umum tak kunjung diajukan di LPSE batu Bara, sementara proses pemenang lelang dapat memakan waktu selambat-lambatnya hingga 3-4 bulan.

Sedangkan persoalan e-KTP yang masih dicanangkan akan disalurkan melalui program antar  jemput kerumah-rumah warga, namun bupati sebelum menyampaikan program itu tidak berkordinasi dengan petugas di dinas capil.


Sehingga saat dikonfirmasi, mereka petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kelimpungan menjawab, seakan  menimbulkan kesan bahwa kinerja pemerintah saat dipimpiin pemerintahan Batu Bara saat ini tak ada bedanya dengan bupati sebelumnya yang hanya berkutat dalam persoalan janji.

Pemerhati Sosial, Zamal Setiawan mengingatkan kepada Bupati Batu Bara Zahir untuk tetap independen dalam menyusun kebijakan pemerintah, sebab bila bupati masih berlarut dalam pusaran pembisiknya hari ini, hal itu akan menjadi pertanyaan bagi publik, sehingga akan menyebabkan masyarakat tidak lagi mau percaya dengan pemerintahan yang sedang saat ini dipimpinya.

“Saya hanya ingin katakan, Bupati jangan mudah didikte oleh sipapun, karena apa? Karena beliaulah pemimpin saat ini,” kata Zamal

Bupati Batu Bara harus segera berhati-hati dengan masukan yang disampaikan oleh pembisiknya. Sebab akibat tidak sehatnya masukan yang disampaikan pembisik kepada bupati melalui program-program di OPD, misal, seperti program e-KTP yang dicanangkan akan didistribusikan melalui Program antar jemput ke rumah rumah warga, namun bupati tidak berkordinasi dengan petugas di capil, sehingga saat dikonfirmasi ke dinas tersebut, mereka petugas di capil menjawab tidak ada perintah bupati untuk antar jemput e-KTP.

“Bupati harus sadar diri bahwa dimasa kepemimpinannya saat inilah, integritasnya mulai benar-benar teruji ataukah tidak ? sebab kebijakanya saat ini kita duga tidak berbasis pada akal jernihnya, namun apa yang beliau dengar melalui pembisik ”

Sebagai contoh, “bupati berencana akan menyalurkan bantuan alat tangkap kepada nelayan pukat trwal sebesar Rp. 3 miliar yang akan direalisasikan pada akhirFebruari 2019 melalui program di dinas perikanan, sementara daftar anggaran di SIRUP LKPP dan proses tender di LPSE blum juga diajukan oleh dinas perikanan hingga saat ini, sementara saat dikonfirmasi ke dinas perikanan, mereka menjawab proses lelang itu bisa saja memakan waktu berbulan-bulan tak bisa direalisasikan pada tangal 29 februari 2019. Nah inikan persoalan!

“Ini yang sangat saya khawatirkan, wibawa atau nama baik Pemerintah Batu Bara di bawah kepemimpinan Zahir dan Oky pelan-pelan mulai tercoreng ditengah publik” ucap Zamal.

Zamal mengharapkan masukan tersebut dapat didengar dan diterima bupati. Sebab sudah hampir dua bulan kepemimpinan Zahir dan Oky,  belum nampak kesiapan untuk menghadapi program 100 hari kerja masa pembangunan, kecuali hanya program-program yang dinilai masih sebatas pencitraan dan kegiatan-kegiatan serimonial belaka. ***

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Bupati Batu Bara Jangan Terpengaruh Oknum Pembisik – Cakrawala Nusantara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top