Connect with us

RSUD Batu Bara Dapatkan Akreditasi Yang Tak Pernah Dirasakan Ok Arya

KILAS DAERAH

RSUD Batu Bara Dapatkan Akreditasi Yang Tak Pernah Dirasakan Ok Arya

Kontra.ID — Anda tahu tentang RSUD Batu Bara? adalah Rumah Sakit Umum Daerah yang terkenal kumuh dan dibangun di era pemerintahan Ok Arya, pada saat itu masyarakat tak pernah mendapatkan pelayanan secara prima bila hendak berobat.

Tau kenapa? Rumah sakit ini juga dikenal sebagai salah satu Rumah sakit yang terseram di sumatera utara karma letaknya di dekat hutan dan jauh dari aktivitas permukiman warga, selain lokasi yang lebih banyak dihuni oleh monyet, rumah sakit ini juga memiliki dosa masa lalu karna menelatarkan orang sakit akibat krisis dokter dan obat-obatan dikala itu.

Inilah potretan Rumah sakit milik pemerintah Batu Bara yang merupakan salah satu benang terkusut sejak diwarisi pemerintahan OK Arya.


Mulai dari masalah belum primanya pelayanan di rumah sakit ini karna terkenal kerap mem­­per­lakukan pasiennya secara se­­­mena-mena, hingga ada banyak oknum pegawai rumah sa­kit yang secara terang-terangan me­lakukan diskriminasi dan pilih kasih da­lam melayani pasien, terkhusus terhadap pe­megang kartu BPJS.

Pilihan RedaksiSaatnya Menagih Janji Zahir-Oky di Bidang Kesehatan, Apa Kabar RSUD?

Hari Libur Bupati Tetap Sidak ke RSUD, Dibonceng Bak Sewa Ojek Hingga Temukan Limbah Beracun


Alhasil hak-hak fundamental para pasien yang berobat disitu terus ter­abai­kan hingga trauma.

Padahal ada sebanyak 363.333 Penduduk di Batu Bara yang seharusnya berhak mendapatkan pelayanan secra prima dari RS itu, namun hasil kinerja pemerintahan terdahulu membuktikan  pelayanan Di RSUD selalu mengambarkan watak dari sosok pemimpinya yang kejam dan tak kenal belas kasih.

Padahal tiga fase kepemimpinan telah dilalui, diawali oleh Bupati Ok Arya, Plt Bupati Harry Nugroho hingga Pjs Bupati Faisal Hasrimy, tidak ada satupun niat baik dari ke 3 matan Bupati itu untuk mendobrak akreditasi RSUD,  (karena mereka lebih baik damai, situasi tenang dan dapat jatah) , tapi tidak halnya dengan Era pemerintahan Zahir -Oky.

Hingga Perihal buruknya pelayanan RSUD yang selama ini kerap menjatuhkan wibawa birokrasi, membuat  Zahir menjadikan tempat yang mirip dengan neraka ini sebagai program sidak pertamanya bertugas sebagai Bupati (29/12), sampai ia beradu mulut dengan sejumlah Pejabat RSUD dan Dinas Kesehatan agar segera menuntaskan target akreditasi itu.

Baca JugaPaska Pelantikan Bupati Batu Bara, Pejabat RSUD Berbondong-Bondong Cari Muka ?

Kunker DPRD SU ke Batu Bara, Bupati Persoalkan limbah Beracun di Rumah Sakit

Di sana, dalam Sidak itu Bupati sempat menemukan banyaknya keganjalan tentang persyaratan untuk mendapatkan kelulusan akreditasi yang masih tersandara dalam masalah Instalasi Pengelolaan Air dan Limbah beracun (B3) yang tak becus, Hingga rakyat Batu Bara hampir terancam tak lagi dapat berobat ke RSUD dengan mengunakan BPJS, karna pihak BPJS hanya mau bekerjasama dengan rumah sakit yang memiliki akreditasi.

Rsud Batu Bara

Kegiatan sidak Bupati saat melihat Limbah yang menjadi habatan RSUD mendapatkan Akreditasi

Tak lama dari sidak itu, perjuangan keras yang dilakukan bupati pun berbuah hasil, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dulunya terkenal kumuh mendapat predikat akreditasi dengan tipe C, besar kemngkinan citra buruk yang sempat lama tertanam di benak masyarakat Batu Bara perlahan akan terkikis, seiring dengan keperduliannya terhadap dunia kesehatan (03/1/2019).

Untuk Pertama Kali Mendapatkan Akreditasi

Tentu dengan meningkatnya pelayanan kesehatan ini, hanya terjadi Di Era Zahir-Oky : Sehingga RSUD Batu Bara pautut dicatat di dalam sejarah, untuk yang pertamakalinya menorehkan Agreditasi C ! Hal ini, tidak terlepas dari perjuangan Zahir-Oky dalam memperjuangan visi misinya dibidang kesehatan, terutama bagi mereka yang tak mampu berobat.

Akreditasi RSUD Batu Bara

Akreditasi RSUD

Akhirnya satu masalah yang terwariskan dari rezim lama dapat terselesaikan dengan baik, Terima kasih Zahir – Oky atas konsistensinya dalam memperjuangkan hak daerah yang selama ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum demi kepentingan pribadinya.

Terima kasih untuk Ibu Dewi Chailaty sebagai kepala dinas kesehatan dalam negosiasi Akreditasi ini. Tidak terbayang bagaimana situasinya bila Zahir-Oky tidak tegas menjalankan Visi misinya dibidang kesehatan, mungkin akan kembali lagi seperti jaman …….. eta terangkanlah.

Selain akreditasi rumah sakit, pada 2019 ini Zahir-Oky juga akan segera memberlakukan aturan atau sanksi bagi pejabat rumah sakit yang terbukti melakukan fraud atau penyimpangan. Sehinga kejadian kekejaman terdahu diharap tidak kembali terulang.*Adv

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Santuni 340 Anak Yatim, Oky Minta Didoakan agar Bisa Amanah Memimpin Batu Bara Kontra

  2. Pingback: Selalu 'Ngekor' Bupati Batu Bara, Pers Pertanyakan Kinerja Kabag Humas Kontra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top