Connect with us

Dedikasi AKBP Ikhwan Lubis, Sosok Polisi Hebat Pembawa Terang Bagi Kaum Dhuafa

KILAS DAERAH

Dedikasi AKBP Ikhwan Lubis, Sosok Polisi Hebat Pembawa Terang Bagi Kaum Dhuafa

Kontra.ID — Kapolres Kabupaten Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis dikenal sebagai pendiri komunitas Sedekah Jumat alias KSJ, merupakan komunitas untuk membantu anak yatim dan masyarakat dhuafa yang kerap bermasalah dengan masalah ekomomi dan kemiskinan.

Kontra.id mencatat, Komunitas Sedekah Jumat tersebut mulai dikenal masyrakat luas khusunya di Sumatera Utara, lebih memfokuskan diri pada program bantuan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, kemanusiaan, kesehatan, bencana nasional, sosial agama dan juga lingkungan sekitar.

Kecintaan AKBP Ikhwan Lubis kepada kaum dhuafa melalui komunitas Sedekah Jumat yang ia dirikan itu kemudian membawanya menjadi salah satu perwira dua melati ini patut menjadi inspirasi bagi 470 ribu polisi di tanah air.

Pada 26 Agustus 2020 lalu, sosok polisi asal Mandailing Natal itu namnya kemudian diabadikan dalam sebuah buku yang berjudul “Sosok Pejuang Dhuafa” ditulis oleh Syaiful Syafri, mantan Pj Bupati kabupaten Batu Bara.

Kisah polisi yang inspiratif dalam memperjuangkan kaum dhuafa, anak yatim dan lansia ditengah sulitnya perekonomian maayrakat, dimulai ketika AKBP Ikhwan Lubis menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis.

Wadah Komunitas Sedekah Jumat yang ia dirikan pada 16 Agustus 2019 lalu itu awalnya hanya dibentuk di daerah Medan Utara atau Belawan dengan menggunakan dana pribadi, yang dikemudian hari membuat para pelaku korporasi, elit partai politik hingga pejabat-pejabat di daerah ikut jatuh cinta dengan gerakan komunitas sedekah tersebut.


Tak ayal, dengan gerakan sosial yang ia dirikan itu setidaknya mampu membantu pemerintah di daerah Sumatera Utara dalam menekan kesenjagan sosial, terutama mengatasi isu-isu kemiskinan yang kini telah mencapai sebanyak 1,28 juta orang miskim tersebar di Sumut.

lebih dari itu, dengan hadirnya komunitas Sedekah Jumat tersebut, banyak dari kalangan pejabat dan para dermawan di daerah ikut berbondong memberikan rezekinya untuk warga yang kesulitan dengan kemiskinan.

Kini komunitas Sedekah Jumat gagasan AKBP Ikwan Lubus, setidaknya telah menjangkau 10 kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Tak menhgerankan banyak dari kepala Daerah seperti Bupati dan Walikota, elit partai dan pelaku korporasi di Sumut, mulai membuka diri untuk ikut berpartisipasi melalui komunitas Sedekah Jumat tersebut, dengan tujuan tak lain untuk menekan angka kemiskinan di daerah.

Setidaknya dari komunitas ini, banyak dari kalangan mereka yang tidak mampu, mendapatkan kebahagiaannya tersendiri.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis.

Misalnya seperti Pevin, salah seorang remaja yatim, yang sebelumnya hanya hidup mengemis di jalanan demi membantu ekonomi ibu dan adiknya, berkat dari dorongan AKPB Ikhwan Lubus melalui kominitas Sedekah Jumat tersebut, dengan membentuk band “Bahari Bhayangkara” untuk menyalurkan bakat Pevin yang mempunyai suara emas, berhasil membawa Pevin dua kali diundang oleh TV Swasta Nasional. yang kemudian AKBP Ikhwan Lubis juga ikut diundang Deddy Corbuzier ke Hitam Putih sebagai apresiasi  kepeduliannya membawa seorang pengamen, menjadi salah seorang bintang di tanah air.

Kini Pevin dan saudaranya tidak lagi hidup melarat mengamen di Jalanan. Lewat Bahari Bhayangkara Band yang mendapat dukungan dari KSJ, Pevin kini sudah tampil secara turun pada acara Sedekah Jumat setiap pekan di Rumah Singgah Sahabat Polisi, Jalan Veteran, Belawan dan sejumlah kafe dan restoran besar.

Tak jarang, banyak opini liar yang mengatakan, teroris yang keseharian tinggal di Belawan, tewas dalam aksi teror bunuh diri di Kota Medan pada 13 November 2019 lalu, banyak tokoh yang dibuat pening bukan kepalang kenapa bukan dibelawan saja bom diledakan? tak berlebihan jika dikatakan kehidupan sosial kemasyarakatan di Belawan kondusif sejak Ikhwan Lubis memimpin Polres Pelabuhan Belawan. Masyarakat lapisan kelas bawah dan atas terlihat tentram dan harmonis.

Tak hanya di Belawan, sejak Ikhwan Lubis memimpin Polres Batu Bara, dengan Komunitas sedekah jumatnya, kehidupan dinamika sosial politik di Batu Bara berjalan kondusif, kejahatan seperti pembunuhan dan perampokan menurun drastis, nihil dari pejabat yang korupsi, tingkat kriminalitas di Batu Bara berkurang dan konflik antar kelompok nelayan modren dan tradisional di daerah pesisir itu, tak terulang kembali. Selain itu, kehidupan sosial antar lapisan masyarakat kelas bawah dan atas kini hidup harmonis.

Bahkan, sejak Corona virus melanda negeri selama masa pandemi ini, KSJ mencatat, sudah ratusan ton beras telah ia distribuskan kepada warga Sumut yang ekonominya kandas akibat gempuran corona. AKBP Ikhwal Lubis gencar turun membantu mereka yang membutuhkan

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis dan Bupati Batu Bara Zahir saat menyantuni kaum dhuafa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hingga saat ini Komunitas Sedekah Jumat yang ia dirikan itu juga telah banyak dilirik di pelbagai daerah, hingga penulis Buku Ikhwan Lubis, Syaiful Syafri yang mengabadikannya sebagai “Pejuang kaum Dhuafa” dalam bukunya meyakini, Komunitas Sedekah Jumat gagasan Ikhwan Lubis tersebut, dapat dijadikan “sebagai organisasi bertaraf nasional,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, di dalam berbagai kesempatan formal, Ikhwan Lubis tak henti-hentinya mengajak para pengusaha, pejabat maupun orang-orang kaya yang punya materi yang cukup, untuk ikut bersedekah sebahagian hartanya kepada warga yang kurang mampu.

Disampaikan AKBP Ikhwan,  kegiatan sedekah Jumat yang telah diprogramkannya di KSJ akan terus dilaksanakan hingga akhir hayat.

Dia berkomitmen akan terus bergerak sehingga kegiatan sedekah Jumat bisa menyentuh warga dhuafa di seluruh pelosok tanah air. ***

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

5 Comments

5 Comments

  1. ปั้มไลค์

    7 September 2020 at 4:11 pm

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. A big thank you for your article.

  3. Thanks so much for the blog post.

  4. เบอร์มงคล

    7 September 2020 at 4:45 pm

    I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  5. SMS

    7 September 2020 at 5:07 pm

    Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top