Connect with us

Sungai Raja Meluap Lagi, Satu Desa di Medang Deras Dihantui

KILAS DAERAH

Sungai Raja Meluap Lagi, Satu Desa di Medang Deras Dihantui

Kontra.ID — Air Sungai Raja di Desa Nenasiam, Kecamatan Medang Deras kabupaten Batu Bara kembali meluap dan mulai menghantui desa Nanasiam yang berada di sekitar aliran sungai sejak, kamis sore (12/10/2019) kemarin. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Sungai Raja telah meluap beberapa kali mengintai permukiman warga dan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat dengan ketinggian diatas 40 cm.

Dari informasi yang disampaikan salah satu warga setempat kepada Kontra.ID jika Dusun III, VIII dan Dusun IX, X di Desa Nanasiam mulai dihantui oleh luapan air Sungai sejak kemarin sore.

“Setidaknya ketinggian air sudah mencapai 40 cm lebih. Bahkan kedalaman air pada hari ini semakin meningkat jika dibanding hari kemarin diatas 10 cm,” kata Syarifuddin (46) Jumaat (12/10).

Disebutkan Syarif, setidaknya sudah ada beberapa rumah warga yang mulai dihantui oleh luapan air Sungai Raja, meskipun rata-rata rumah warga disana bangunan rumahnya berbentuk gubuk dan semi permanen.

Sejumlah Rumah Mulai terendam Banjir

“Belum tau kapan akan surut, tapi sepertinya akan terus naik, kalau malam ini hujan turun lagi,” ujarnya.

Baca Juga:


Seperti diketahui, Desa Nanasiam merupakan desa yang menjadi langganan banjir setiap saat ketika air Sungai Raja di salah satu desa kecamatan medang Deras meluap. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya volume air dari sungai Raja yang tak lagi tertampung selain telah lama mengalami sendimentasi dengan cuaca ekstrim dan adanya banjir kiriman yang berasal dari limpasan Gunung.

Kapolsek Medang Deras, AKP Zulhajri.

Sementara itu, salah satu gabungan Tim Reaksi Cepat Mengatakan melalui Kapolsek Medang Deras AKP Zulhajri membenarkan bahwa air sungai Raja telah meluap” ya benar, Desa ini memang sudah menjadi langganan banjir setiap tahun nya bila musim penghujan tiba.” Ungkapnya.

Selanjutnya, “saya bersama personil akan tetap siaga berada di lokasi untuk membantu masyarakat, adapun data- data pemilik rumah yang telah terendam banjir yang berhasil kami data hari ini adalah atas nama:

  1. Tumin, Lk, 37 Tahun, islam, Petani, Dusun IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras
  2. Kemol, lk, 45 Tahun, islam, wirawasta, Dusun IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras
  3. Ida, Pr, 48 Tahun, Islam, Ibu Rumah Tangga, Dusun IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras
  4. Budi, Lk, 40 Tahun, Islam, Jualan, Dusun IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras
  5. Piyan, Lk, 48, islam, petani, Dusun IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras.
  6. Taher, lk, 50 Tahun, islam, jualan, Dsn IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras.
  7. Dula sani, Lk, 40 Tahun, Islam, Petani, Dsn IX Desa Nanasiam Kec. Medang Deras.

“Hingga saat ini kami dari Polsek masih berada dilokasi banjir untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan ini. Demikian yang dapat dilaporkan, bila ada perkembangan lanjut akan di beritahukan segera” tungkasnya kepada Kontra.

Terpisah, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Batu Bara, Muhammad Nasir Yohanan saat dihubungi Kontra, Ponsel nya mati. (KD/**f)

1 Comment

1 Comment

  1. best cbd oil

    23 Mei 2020 at 6:11 pm

    Hi, i think that i saw you visited my weblog thus i came to “return the favor”.I’m trying to find things to enhance my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top