Connect with us

Menghadapi Musim Hujan, ini 5 Langkah BPBD Batu Bara Antisipasi Banjir

KILAS DAERAH

Menghadapi Musim Hujan, ini 5 Langkah BPBD Batu Bara Antisipasi Banjir

Kontra.ID — Menghadapi musim hujan, ada beberapa persiapan yang akan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara dalam mengantisipasi ancaman bencana banjir.

Dalam menghadapi ancaman
tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, Muhammad Nasir Yohaman mengatakan pihaknya telah siap siaga dalam menghadapi bencana terkait musim hujan tersebut.

“Sejauh ini kita telah mengadakaan simulasi penanganan banjir di Desa Tanjug Muda dan Suka Raja, Untuk Tim Reaksi Cepat (TRC) internal yanf berjumlah 56 orang, hari ini kita telah terjunkan langsung  ke 3 kecamatan, yakni 6 orang di Kecamatan Laut Tador, dan 12 orang lainya di kecamatan Sei Suka dan Air putih, khusus untuk 1 tim kita tempatkan 6 orang per-kecamatan” ucapnya


Mereka yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat internal BPBD, Lanjut Nasir telah dilengkapi 2 unit trail untuk memantau di empat titik lokasi desa, yakni desa Tanjung muda, suka raja, desa Perkotaan dan desa Tanjung Kubah, sedang kan untuk Posko ditempatkan di sekitar RM 100 dan dilengkapi 1 unit ambulance darurat

Kondisi Banjir di Desa Suka Raja, kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara

“Pada intinya semua tim telah kita koordinasikan dengan baik, termasuk TNI dan polisi, insya Allah sudah siap siagalah. Terutama mengurangi resiko terjadinya korban,” ungkapnya

Selain itu, Nasir juga menambahkan, Banjir yang berlangsung saat ini merupakan banjir kiriman yang tidak dapat diprediksi lantaran datangnya dari limpasan curah hujan yang dikirimkan dari gunung melalui sungai perdagangan dan sungai babolon.


Kondisi Banjir di Desa Perkotaan, kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara

Meskipun Muhammad Nasir belum menerima surat keputusan resmi dari Bupati Batu Bara tentang siaga darurat, bencana dan banjir di Batu Bara, namun pihaknya di BPBD telah melakukan persiapan dalam menghadapi musim penghujan yang sedang berlangsung hingga dini hari sekira pukul 23:23 wib. Maka untuk itu, Ini dia lima langkah persiapan yang akan dilakukan dinas BPBD  Kabupaten Batu Bara dalam mengantisipasi banjir darurat tersebut:

Brifing siaga bencana banjir di pimpinn Ka. BPBD Kabupaten Muhammad Nasir Yohanan, Rabu malam (10/10)

1. Mendirikan posko 24 jam

BPBD Kabupaten Batu Bara telah mendirikan posko siaga 24 jam menangani bencana yang didirikan oleh dinas BPBD setempat.

Nantinya posko ini juga akan didirikan di masing-masing desa yang terkena bencana jika diperlukan.

BACA JUGA:

2. Menyiapakan sumber daya manusia

Ada sebanyak lebih 56 orang relawan dan satgas yang disiapkan oleh BPBD Kabupaten Batu Bara.

Nantinya, tim ini akan siap turun ke lapangan selama 24 jam.

3. Menyiapkan peralatan dan perlengkapan bencana

Beberapa peralatan dan perlengkapan bencana sudah siap siaga untuk menangi bencana.

Di antaranya yaitu mobil truk, Motor Trail, Ambulance, beberapa perahu fiber, goni dan Bronjong atau Gabions.

4. Menyiapkan WTP

WTP (water treatment plant) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menggolah air kotor menjadi air yang layak untuk dikonsumsi.

WTP digunakan apabila suatu desa telah mengalami kesulitan air minum.

Bac Juga:

5. Membentuk Tim TRC baik dari internal maupun eksternal BPBD

Tim TRC (Tim Reaksi Cepat) merupakan tim dari gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam menangani bencana.

Di antaranya ada pihak BPBD, TNI, Polri, Lingkungan Hidup, PMI, dan komunitas terutama untuk keperluan logistik akan ditunjang dari Dinas Sosial setempat

Sedangkan Santuan pasca atau tanggap darurat ketika terjadi bencana beresiko tinggi, Dinsos kabupaten Batu Bara juga akan langsung turun tangan. Bantuan yang turun berupa logistik, tenda dan lainnya. ”Sedangkan untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana nanti akan difasilitasi untuk ke pusat,” tandasnya mengurui.

Note: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Batu Bara mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal di kabupaten Batu Bara agar tidak panik dengan potensi banjir di kawasan tersebut. Karena itu, bila terjadi sesuatu di wilayahnya masing-masing segera hubungi sekretaris BPBD Batu Bara ke nomor  081260555941. Hingga saat ini pihak BPBD terus meningkatkan koordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan langkah-langkah antisipasi terkait potensi banjir di wilayah anda masing-masing.

[Kontra/**F]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Polsek Labuhan Ruku Tangkap Pencuri Jembatan Mega Korupsi Bupati Batubara - Kontra Kontra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top