Connect with us

Mau Lari Cepat, Bupati Batu Bara Bentuk Tim Seperti Anies Baswedan

KILAS DAERAH

Mau Lari Cepat, Bupati Batu Bara Bentuk Tim Seperti Anies Baswedan

Kontra.ID — Setelah resmi dilantik sebagai Bupati Batu Bara, Ir Zahir Map langsung melakukan gerak cepat.

Dia membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan dari segala sektor dikabupaten Batubara.

Namanya adalah tim Bupati Untuk percepatan pembangunan (TBUPP). Tim ini terdiri dari Akademisi, Teknokrat, Birokrat, Sejarahwan, Tim IT yang berpengalaman ditingkat Sumatera Utara dan Nasional.

Tim itu berasal dari luar orang-orang organisasi perangkat daerah yang merupakan Tamatan Universitas Terkemuka baik di daerah Sumatera Utara dan Luar Negeri seperti Amerika dan Jerman.

Dijelaskan dalam peraturan Bupati nomor 13 tahun 2019 tentang TBUPP ini, ada 8 poin tugas penting untuk tim bentukan Zahir tersebut.

Syaiful Safri (sebelah Depan kiri Mengenai Kemeja Coklat)

Dan Tim ini diketuai oleh Syaiful Safri dan diikuti oleh 6 tenaga ahli, pakar, Teknokrat dan birokrat senior lainya yang berasal dari  Universitas Sumatera Utara. Yakni ;


DR. Parapat Gultom, M.SIE ditunjuk sebagai Sekretaris

Ir. Aldinz Rapolo Siregar ditunjuk mengepalai Bidang Infrastruktur

Prof. DR. Effendi Napitupuli, MPd mengepalai Bidang Pengembangan SDM dan Lapangan Kerja

DR. Mirza Nasution mengepalai dibidang Harmoni dan Regulasi

Serta DR. Ikhwan Azhari yang ditunjuk sebagai kepala Bidang Pengembangan Situs Sejarah, Pariwisata dan Kebudayaan.

Semua angota tersebut dibagi berdasarkan jenis keahliannya masing-masing.

Pembagian tugas tenaga ahli ini pun setali tiga uang, Ada juga yang terkait dengan bidang Pembangunan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan serta bidang Komunikasi dan Informatika dan masalah masalah sosial dan kemiskinan.

TBUPP Sebagai Perpanjangan Tangan Bupati Untuk Mengontrol Kinerja OPD

TBUPP kabupaten Batu Bara sebagai perpanjangan tangan Bupati dan wakil Bupati Batu Bara ini tentunya untuk mengontrol semua kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam percepatan pembangunan dimasa kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati untuk 5 tahun mendatang.

“Semua memang punya keahlian masing-masing di bidangnya. Sehingga mereka diharapkan bisa memberikan akselerasi atas berjalannya semua program pemerintah daerah,” kata Sekretaris Bappeda Batu Bara, Azhar.

Kontra melaporkan, saat mengkonfirmasi bupati Zahir Pada Senin ini (13/5/2019) seusai menerima kunjungannya dari Karo Sarpras Poldasu, Kombes Pol Cahyono di ruangan kerjanya di limapuluh, Zahir membenarkan, tim tersebut sudah  dibentuk untuk merangsang percepatan programnya dimasa mendatang.

Isinya beragam. Ada dari tim transisi dan akademisi tamatan luar negeri dari berbagai bidang.

Bupati Batu Bara Ir Zahir Map (Tengah) saat menerima kunjungan dari Karo Sarpras Polda Sumut, Kombes Pol Cahyono ( Tengah Kiri) dan Didampingi oleh AKBP Dwi ( Kiri Sudut) bersama Ketua tim TBUPP Batu Bara, Syaiful Safri (kanan ujung) – Foto Istimewa

Dia menegaskan, tim itu bukanlah bentukan dari tim sukses, melainkan tim ahli dan pakar, para teknokrat dan beberapa diantaranya ada mantan senior birokrat yang juga ikut serta mensukseskan program pemerintahan Batubara.

Tugasnya, lanjut Zahir, untuk kembali memastikan visi misinya dapat bergulir dengan lancar, dan tidak ada halangan dan hambatan sesuai dengan yang ditargetkan. “Sehingga rakyat melihat kabupaten Batu Bara bisa lebih maju dan lancar,” ujar Zahir.

Pola yang dilakukan oleh Zahir ini sebelumnya pernah diterapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Sementara Ketua tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP), yang juga mantan Pj. Bupati Batu Bara ini, Syaiful Safri mengungkapkan, dasar dibentuknya tim ini, yakni tantangan pembangunan kedepan yang semakin kompleks, disrupsi, hingga ketatnya persaingan global.

Ketua Tim Bupati Untuk Percepatan Pembamgunan (TBUPP) Kabupaten Batu Bara, Syaiful Safri.

“Kabupaten Batubara punya potensi besar asal punya daya dukung yang kuat. Sementara dalam pola`pemerintah yang dinamis` mesti ada pemikiran inovatif dan kolaboratif. Upaya Tim ini yaitu mendorong `governance` yang ada, bergulir sebaik mungkin diberbagai tingkat,” tutur nya

Hadirnya Tim Percepatan Pembangunan ini, Lanjut Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara itu, tentunya akan memperkuat dan mempercepat kinerja pemerintah setempat, serta memberi masukan untuk menyiapkan staf di jajaran OPD sesuai dengan SDM nya.

Membantu memperbaiki administrasi pemerintahan sesuai dengan tupoksi.

Membantu pola berfikir pemerintah Batu Bara sesuai arah visi misi bupati dan wakil Bupati.

Membantu perbaikan Susunan RPJMD tahun 2018 -2023 dan penyusunan perbaikan RTRW dan RDTR yang tentunya akan mengundang nilai investasi.

Mensingkronisasikan perencanaan APBD Batu Bara dengan Provinsi dan Pusat.

Mengkomunikasikan dengan investor investor luar.

“Tim ini akan memberi masukan, membangun`network’, dilihat dari sisi multi-sektor,” pungkasnya. *Kontra/ Tuah Aulia Fuadi

2 Comments

2 Comments

  1. Muslim

    15 Mei 2019 at 10:32 pm

    Mantap batu bara kampung ku banyak yg miskin

  2. Pingback: Bupati Anggap TBUPP Penting Bagi Pemerintahannya Kontra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top