Connect with us

Jumpa Banyak Lansia, Zahir Janji Jamin Kehidupan Mereka

KILAS DAERAH

Jumpa Banyak Lansia, Zahir Janji Jamin Kehidupan Mereka

Kontra.ID – Bupati Batubara, Ir Zahir Map, mulai menunjukan komitmennya menjadikan daerahnya sebagai kabupaten yang ramah bagi warga lansia (lanjut usia).

Berbagai program pembinaan dan kebijakan menarik pun, telah disiapkan demi meningkatkan kesejateran sekaligus memberikan kepastian angka harapan hidup para Lanjut Usia (Lansia) di daerah itu.

Zahir menyebutkan, bahwa kawasan yang ramah bagi warga lansia, pada intinya adalah, harus mampu memberikan kemudahan terhadap berbagai aktivitas lansia agar tak lupa bahagia.


Mulai dari penyediaan sarana prasarana, hingga pelayanan kebutuhan.

Hal itu, kata Zahir merupakan suatu bentuk penghormatan dan pengabdianya kepada orang tua di daerah itu.

Sebab tanpa jasa lasia, Zahir mengaku tidak akan terlahir ke dunia.


“Dan untuk inilah saya hadir disini, karna ada 120 lansia yang hadir, makanya saya datang” kata Zahir saat membuka acara Rapat Forum Komunikasi Lanjut Usia, di kantor TP PKK kabupaten setempat dengan tema “Fasilitasi Pembinaan Lansia Kegiatan TP TKK”, pada senin, (5/8).

Zahir memotivasi para Lansia di Batubara.

Berkat penghormatan itulah, Zahir menginginkan agar Forum Komunikasi Lanjut Usia yang diprakarsai oleh Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Batubara itu dapat kembali diaktifkan, melalui program-program lansia sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 13 tahun 1998.

Berangkat dari UU tentang kesejahteraan lanjut usia, Zahir menyatakan akan mengalokasikan anggaran APBD Batubara untuk mendukung kegiatan pada Pos Pelayanan Lansia di tiap-tiap pemerintah, termasuk di pemerintahan Desa.

“Komitmen kami terhadap kesejahteraan lansia sudah dituangkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), termasuk juga mengalokasikan danaya ke tiap tiap desa dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang nantinya akan langsung dibina oleh TP PKK Desa dan instanai daerah” ujarnya.

Melibatkan Instansi Pemerintah, Korporasi dan Masyarakat

Bupati Batubara, Zahir, saat menerima keluhan lansia.

Bahkan Kedepan, kata Zahir, Bukan hanya sekadar membuat acara seremonial belaka, dirinya juga akan pemberdayaan lansia dengan memperkuat koordinasi antar instansi, perusahaaan-perusahaan korporasi dan masyarakat, guna meningkatkan pelayanan kesejahteraan agar lansia di Batubara bisa 100 % hidup produktif, mandiri dan sejahtera sesuai kemampuannya.

Dengan begitu, para warga lansia tersebut bisa terus berkontribusi dalam pembangunan.

Menurut Zahir, pertambahan jumlah lansia Batubara saat ini menjadi bonus demografi bila para lansia dapat berkontribusi, bukan malah menjadi beban.

Lansia Harus Bisa Berguna

Bupati Batubara, Zahir saat menerima keluhan lansia.

Bak kata PEPATAH, “menjadi tua adalah anugerah. Apalagi tetap mandiri dan tidak menjadi beban bagi keluarga”

“Maka nanti para lansia dihadapan keluarga mereka akan tetap berguna, karena motto kita di Batubara ‘Tua Berguna’, Artinya, para Lansia tetap harus senantiasa berguna bagi masyarakat, agama, keluarga, daerah, bangsa dan tanah air” katanya.

“Maka untuk itu, para Lansia harus benar-benar dibahagiakan, karna tanpa lasia tidak (akan) ada kita dan tidak ada kabupaten Batubara” tuturnya.

Usia Tiadak Menjadi Halangan Bagi Lansia Untuk Berbuat Untuk Batubara

Bupati Batubara, Zahir saat menerima keluhan lansia.

Zahir berharap, usia tidak menjadi halangan bagi para warga lansia di Batubara untuk ikut berpartisipasi dalam setiap proses pembangunan.

Kedepan agar para lansia ini supaya tidak lagi menjadi beban bagi keluarga, diharuskan juga mempunyai unit-unit usaha, baik secara kolektif mapun individual, ditempat tingalnya masing-masing.

“Kedepan, mereka yang memiliki keahlian dapat diminta untuk saling melatih antar sesamanya, misalnya seperti berkebun, bercocok tanam seperti kunyit, kuas, bawang, dan menanam bunga-bungaan, menjahit, bersepeda atau berolahraga dalam menyalurkan hobi mereka agar yang lainnya juga ikut memiliki ketrampilan”

“Atau yang tinggal di daerah pantai juga bisa mendirikan industri krupuk, ikan asin, atau unit usaha yang bergerak dalam kerajinan tangan seperti cendramata dan lain-lain, karna Mereka juga bagian dari aset pembangunan daerah kita,” Ucap Zahir.

Bupati Akan Selalu Mendukung 

Bupati Zahir (tengah kanan) Ketua TP PKK Maya Indriasasi Zahir (sebelah kanan Zahir), Ketua Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP), Syaiful Syafri (disebelah kiri  Zahir)

Zahir mengaku bersama Tim Penggerak PKK dan instrumen pemerintahanya akan selalu mendukung dan mendorong program lansia, baik itu program yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan korporasi berupa CSR maupun program disetiap desa-desa dengan harapan agar seluruh lansia di Batu Bara bisa diajak berusaha dan bersenang senang.

Sejalan dengan itu pula, Zahir meminta kepala Dinas Sosial, Bahrumsyah dan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nasir kembali mengaktifkan Forum Komunikasi ini.

Kemudian, ia meminta agar kedua dinas tersebut dapat mengalokasikan rencana program untuk para lansia, misalnya senam lansia, pos-posyandu lansia diaktifkan kembali di setiap desa.

Lansia Berterimakasih 

perwakilan dari Forum Komunikasi lansia, Harianja.

Sementara perwakilan dari Forum Komunikasi lansia TP PKK Batubara, Harianja, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian tulus pemerintahan Zahir dalam memfasilitasi forum lanjut usia ini, dengan berpantun :

“Lansia hadir bukan untuk meminta-minta, tapi lansia hadir sebagai lansia untuk berguna bagi Batubara” ucapnya.

Dirinya berharap kedepan kegiatan seperti ini dapat diteruskan bahkan ditingkatkan lagi.

Menurut Harianja, para lansia memiliki berbagai macam lalatar belakang yang berbeda-beda, dari profesi yang dimiliki mulai dari petani, guru, penjahit, penenun, pengrajin makakan, PNS, peternak, bahkan mantan penegak hukum, dll.

Oleh karenanya, para lansia ini harus benar-benar diperdayakan agar memiliki berbagai pengalaman.

“Semangat dan kedisiplinan yang seyogyanya bisa membantu dan bersinergi bersama pemerintahan termasuk juga membantu dalam menciptakan ekonomi kreatif dan kondisi aman dan kondusif,” kata Harianja.

Zahir Akan Siapkan Perda

Zahir saat mengamini permintaan Nek Harianja

Mengamini semangat para lansia itu, Zahir menyatakan bahwa generasinya memang belum pernah menjadi tua, sehingga membutuhkan kehadiran para lansia yang tentunya memiliki pengalaman kerja.

Salah satu program handalan yang akan segera direalisasikan Zahir, yakni akan melakukan pembuatan peraturan daerah (perda) tentang kesejahteraan lansia.

Zahir Jamin 100 Persen Kesejahteraan Lansia di Perda

Bila perda itu terwujud, para lansia di Batubara dipastikan bakal mendapatkan 100 % jaminan pelayanan kesejahteraanya dari pemerintah Daerah.

Politikus PDI – Perjuangan itu menambahkan, saat ini, usia harapan hidup warga Batubara adalah 65 tahun. Sedangkan persentase antara lansia terhadap jumlah penduduk meningkat dari 10 persen menjadi hampir 13 persen (data dinas Kesehatan bagian Kesmas)

“Mereka ternyata masih banyak yang produktif. Nah saya lagi atur ini siapa saja yang masih ingin memberikan kebermanfaatan”

“Apakah lansia yang masih produktif bisa kita ikut sertakan berkontribusi dalam pembangunan, misalnya dilbatkan dalam ekonomi kreatif untuk mengambil peran penting dalam meningkatkan perekonomian melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan lainnya. Karena itu, kita harapkan dibuat Perda lansia,” jelasnya.

Zahir mengatakan, salah satu indikasi sebuah kabupaten yang liveable itu adalah para lansianya bisa bebas berjalan-jalan ke luar rumah, karena daerah tersebut aman dan nyaman.

Zahir saat memotivasi lansia agar dapat hidup bersenag-senang.

Karena itu, Zahir menegaskan, Pemerintah Batubara akan terus berupaya membuat program pembinaan fasilitasi meningkatkan kualitas hidup lansia, di antaranya lewat optimalisasi pelayanan, termasuk pembangunan fasilitas umum bagi para lansia yang tak bekeluarga.

“Saya berharap, Forum Komunikasi Lanjut Usia Batubara ini bisa semakin lebih bersinergi dengan kami untuk menciptakan Batubara yang ramah lanjut usia dan menjadikan lansia produktif mandiri dan tentunya tidak lupa bahagia,” pungkasnya.

“Para sesepuh kita ini harus tetap menjadi bagian dari Kabupaten dan bangsa ini untuk mewujudkan Batubara yang bisa semakin maju,”

“Karna mau maju atau tidaknya  semua tergantung dengan partisipasi warganya, termasuk para lansia yang sudah memberikan sumbangsih bagi Batubara,” lanjut Zahir menutup sambutannya.

Lansia Harus Bisa Diperdayakan secara Kolektif agar Produktif Secara Ekonomi 

Ketua TP PKK Batubara Ny Maya Indriasari Zahir.

Sementara Ketua TP PKK Batubara Ny Maya Indriasari Zahir, mengatakan selain program ini bertujuan mewujudkan lansia sehat produktif, program ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan TP PKK Batubara dibulan sebelumnya.

“Yang mana pada bulan suci ramadhan lalu, kami dari TP PKK Batubara telah memberikan bantuan berupa paket sembako kepada lansia yang sama dari 12 kecamatan, sebanyak 150 paket yang disebar ke beberapa desa, yang diantaranya bantuan kaing sarung, mukenah dan bahan sembako lainnya” katanya.

Adapun di acara pelayanan kesehatan yang diselengarakn kali ini, yakni memberikan penguatan, penyuluhan pengobatan kepada lansia, pemberian kaca mata gratis, pemeriksaan laboratorium sedehrana, senam sehat serta mensuport dengan hadiah lainnya kepada para lansia yang diwakili 12 kecamatan.

“Jadi Forum Komunikasi Lansia ini bukan saja hanya sebatas pembentukan kelompok, tetapi lansia juga harus bisa diperdayakan secara kolektif agar produktif secara ekonomi seperti pengasuhan terhadap UP2K” Tambahnya.

Upaya Pencapaian Tujuan 10 Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

Bupati Zahir didampingi istrinya Maya Indria Sari menyuapi kue kepada ibundanya Hj Masniah saat peluncuran buku “Impian Bupati Zahir Si Anak Petani karya Syaiful Syafri.

Pembinaan lanisa Ini, lanjut, Maya, juga dalam upaya pencapaian tujuan dari 10 program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai wujud bagian gerakan kader PKK agar terciptanya partisipasi yang tinggi dari segenap pengurus PKK dari setiap kecamatan, Desa dan kelurahan.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, semoga bapak ibuk para lansia dapat termotivasi dalam menjalani aktifitas sehari-hari, tetap sehat walupun disuia yang sudah senja” cetus Maya.

TP PPK Batubara juga telah Memperdayakan 10 Desa Handalan

Ny Maya Indiasari Zahir saat dilantik menjadi Ketua TP PKK Batubara.

Selain pembinaan dan pemberiaan Bantuan terhadap kelompok Lansia ini, Tim Penggerak PKK Batubara juga telah memperdayakan sepuluh desa handalan dipelbagai Kecamatan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Upaya itu merupakan salah satu program dalam penanggulangan kemiskinan di daerah itu, khususnya bagi kaum perempuan, agar tiap-tiap keluarga diharapkan bisa mandiri secara ekonomi.

“Dan kami juga telah memberikan bantuan kepada 10 desa percontohan sebagai dukungan program UP2K PKK terbaik di provinsi”

“Sehingga secara pembinaan bertahap, nantinya diharapkan seluruh ibuk-ibuk yang ada di Desa mampu menjadi wiraswasta yang mandiri, handal serta dapat meningkatkan tumbuhnya kegiatan yang ekonomi yang bersifat kooperatif dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera”

Berikut ini sepuluh desa UP2K terbaik di Kabupaten Batubara dibawah binaan Istri Bupati Batubara, Maya Indriasari Zahir :

Desa Tanjung Kuba Kec.Air Putih

 

Desa Lubuk Besar Kecamatan Datuk Lima Puluh.

 

Desa Sumber Padi Kec. Lima Puluh

 

Desa Tanjung Seri Kecamatan Laut Tador.

 

Desa Lalang Kecamatam Medang Deras.

 

Desa Kwalasikasim Kec.Sei.Balai.

 

Desa Panjang Kecamatan Talawi PTP2WKSS.

 

Desa Sei.Muka Kec.Datuk Tanah Datar.

Desa lubuk Besar Kec.Datuk Lima Puluh.

Selain memberikan program pemberdaayaan Lansia, 10 Desa percontohan UP2K ini telah dibina oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selaku pembina PKK Kabupaten Batubara.

Selanjutnya, apabila masuk dalam kategori nominasi terbaik, desa tersebut akan kembali dikunjungi untuk tahap evaluasi sebelum diumumkan sebagai desa terbaik.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Semua program ini, menururnya Ny Maya Indriasari Zahir dapat terlaksana atas kalaborasi Tim PKK se-Kabupaten Batubara, Dinas PMD dengan dinas kesehatan.

Sebagai penutup, Ny Dharmawati selaku ketua Panitia kegiatan Lansia ini menyebut, acara ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya program PKK dengan harapan agar para Lansia bisa tetap selalu hidup sehat, bugar dan terlebih-lebih bisa bersenang-senang dan seluruh desa binaan PKK bisa lebih maju, Tutupnya.

Acara tersebut dihadiri Bupati Zahir, Ketua TBUPP, Syaiful Syafri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mhd Nasir, Pejabat Dinas Kesehatan, Ketua TP PKK Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir dan wakilnya Ny Wulan Oky Iqbal Frima beserta peserta lansia. *Tuah Aulia Fuadi

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    7 Agustus 2019 at 1:05 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top