Connect with us

Pemkab Batu Bara Targetkan Tak Ada Lagi Warga BAB Sembarangan

Wakil Bupati kabupaten Batubara Oky Iqbal Frima - Foto Dok/2019 | Kontra.ID

KILAS DAERAH

Pemkab Batu Bara Targetkan Tak Ada Lagi Warga BAB Sembarangan

Kontra.id — Tak dapat dipungkiri, perilaku buang air besar (BAB) masih terjadi di Indonesia. Di sejumlah pedesaan di kabupaten Batu Bara, masyarakatnya masih mau BAB sembarangan.

Untuk itu, Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima meminta warganya untuk berhentilah berprilaku BAB sembarangan, hal tersebut ditantai bertambahnya Desa stop buang air besar sembarangan dari 33 desa pada tahun 2018, bertambah menjadi 43 desa stop BAB sembarangan pada tahun 2019.

Penegasan untuk Stop BAB sembarangan ini diingatkan Oky Iqbal Frima dalam acara peringatan hari kesehatan nasional ke-55 tahun 2019 mertajuk generasi sehat indonesia unggul, di Lapangan Blok 8, Kecamatan Lima Puluh, Kamis, (12/12/2019).


Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima saat memimpin peringatan hari kesehatan nasional ke-55 tahun 2019 mertajuk generasi sehat indonesia unggul, di Lapangan Blok 8, Kecamatan Lima Puluh, Kamis, (12/12/2019).

Untuk itulah, berbagai keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan dan pembangunan SDM di kabupaten Batu Bara telah diraih pemerintah setempat.

Hal itu ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia di kabupaten Batu Bara. Dimana salah satu parameter yang diukur adalah dari usia harapan hidup di kabupaten Batu Bara.

Politikus Partai Gerindra ini juga menambahkan Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan.


Diantara perbaikan yang berhasil diraih di Batu Bara salah satunya adalah penghargaan Swasti Saba Padapa untuk kabupaten sehat.

“Bertambahnya Desa stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) dari 33 desa pada tahun 2018, menjadi 43 desa pada 2019 di kabupaten Batu Bara” ucap Oky

peringatan hari kesehatan nasional ke-55 tahun 2019 mertajuk generasi sehat indonesia unggul, di Lapangan Blok 8, Kecamatan Lima Puluh, Kamis, (12/12/2019).

Oky juga berpesan, sebagimana yang diamanatkan Presiden Jokowi, bahwa perhatian pemerintah dalam lima tahun kedepan adalah memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia.

Dikatakannya, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan dalam membangun SDM yang berkualitas, yaitu Stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus dapat diatasi di kabupaten Batu Bara, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan. Serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Terkait tingginya harga obat dan alat kesehatan ini “Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” kata Oky.

Untuk itu “saya minta pembangunan kesehatan di Batu Bara serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat, ucap dia.

peringatan hari kesehatan nasional ke-55 tahun 2019 mertajuk generasi sehat indonesia unggul, di Lapangan Blok 8, Kecamatan Lima Puluh, Kamis, (12/12/2019).

Terkait dengan masalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kabupaten Batu Bara, pihaknya telah menambahkan kuota Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) sebanyak 15.000 peserta. Sehingga total PBI di Batu Bara pada Desember 2019 sebanyak 28.054 orang peserta.

“Untuk itu, kita berharap dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku. Khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan.”

“Apa yang sudah dirintis sebelumnya dapat kita lanjutkan dan tingkatkan. Saya optimis kita dapat mewujudkan SDM unggul seperti yang kita harapkan semua,” cetusnya. ***

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

2 Comments

2 Comments

  1. ปั้มไลค์

    12 Desember 2019 at 6:13 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. ปั้มไลค์

    17 Desember 2019 at 5:13 am

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top