Connect with us

Genjot Inovasi Desa, Bupati Zahir Tuntut Kreativitas Kepala Desa

KILAS DAERAH

Genjot Inovasi Desa, Bupati Zahir Tuntut Kreativitas Kepala Desa

Kontra.ID — Bupati Kabupaten Batubara Zahir meminta agar kepala desa dibantu oleh BPD dan tokoh masyarakat dapat merencanakan pembangunan di desa lebih bervariasi dan berinovasi untuk menuju kemandirian desa.

Untuk itu menurut Zahir perlu adanya bursa inovasi desa karena didalamnya terdapat pertukaran pengetahuan tentang kegiatan yang bersifat inovasi dan kreativitas desa.

Bupati Zahir saat membuka Bursa Inovasi Desa, selasa (1/10/2019) di Gedung MPH Inalum.

“Dengan adanya bursa inovasi ini, kepala desa harus dapat melihat keberhasilan pembangunan desa yang telah dilaksanakan oleh masing masing desa lain,” ungkap Zahir saat membuka Bursa Inovasi Desa, selasa (1/10/2019) di Gedung MPH Inalum.

Ia menyarankan agar seluruh kepala desa dapat mengadopsi dan mereplikasi kegiatan tersebut untuk dilaksanakan di desa tentu saja disesuaikan dengan kondisi kultur dan budaya daerah masing-masing.

Zahir menilai bursa inovasi desa tersebut tidak ada gunanya apabila tidak dimasukkan ke dalam perencanaan kegiatan di desa dengan komitmen yang tinggi dari kepala desa, BPD dan tokoh masyarakat sangat menentukan keberhasilan pembangunan pasca bursa ini.

Oleh karena itu Zahir meminta agar para kades dan BPD mempunyai komitmen yang tinggi terhadap program yang akan dilaksanakan, dengan harapan dapat menjawab seluruh kebutuhan desa sehingga munculnya praktek pembangunan yang solutif dan efektif.


Bupati Zahir saat membuka Bursa Inovasi Desa, selasa (1/10/2019) di Gedung MPH Inalum.

“Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif lagi dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya..

Lebih lanjut Zahir mengharapkan agar seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mencermati kegiatan ini, terutama para kepala desa diminta dapat mereplikasi inovasi-inovasi terbaru terkait potensi desa tersebut.

Ia menjelaskan, perkembangan alokasi anggaran desa di tahun terakhir ini sudah sangat meningkat.

Jadi menurutnya, segala hambatan dan masalah pembiayaan untuk mewujudkan mimpi luhur tentang potret idealnya desa, sudah bisa diminimaslisir.

Jadi, kata Zahir, Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan saat ini adalah salah satu cara untuk memperkaya tematisasi pembangunan jangka panjang.

Inovasi desa ini dikatakannya betul-betul berbasis pada potensi alamiah, sosial budaya, dan bagaimana potret manusianya.

“Potensi tersebut harus digali dan dieksplorasi, bahkan dieksploitasi oleh desa yang bersangkutan, di mana pelakunya adalah masyarakat desa setempat,” tegasnya.

Untuk itu ia meminta kepada semua desa agar inovasi yang digagas dan dilaksanakan sebisa mungkin harus terjamin secara berkelanjutannya.

Keberlanjutan tersebut menurutnya, hanya bisa didapatkan apabila melibatkan banyak pihak.

“Melalui pemberdayaan serta mampu memberi nilai tambah ekonomis kepada masyarakat”, cetusnya

Politikus PDI – Perjuangan itu juga berharap penggunaan dana desa dapat berdampak kepada pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang berkualitas dalam peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi masyarakat, yang pada akhirnya dapat mewujudkan desa yang mandiri secara ekonomi.

Continue Reading
You may also like...

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    1 Oktober 2019 at 10:11 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top