Connect with us

Sejumlah Kades di Batu Bara Blak-blakan Dukung Jokowi, Bawaslu Bisa Apa?

KILAS DAERAH

Sejumlah Kades di Batu Bara Blak-blakan Dukung Jokowi, Bawaslu Bisa Apa?

Kontra.ID — Pasca beredarnya dugaan surat dukungan sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara yang menyatakan mendukung sekaligus akan memenangkan pasangan calon Presiden dan wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin pada pemilu 2019.

Lantas kejadian ini banyak memunculkan spekulasi di sosial media, termasuk peranan Bawaslu di Batu Bara yang juga ikut disoalkan seolah mengabaikan rasa tangung jawabnya sebagai badan pengawas pemilu di kabupaten Batu Bara.

Saat dikonfirmasi, Bawaslu bisa apa?


Seperti biasa, Ketua Bawaslu Batu Bara Ade Sutoyo selalu menghindar setiap kali wartawan ingin mempertanyakan setiap kejanggalan yang terjadi pada Pemilu di daerah tersebut.

Bahkan hal yang sama juga sempat terjadi pada pemilu serentak 2018, setiap kali ketua Bawaslu Ade Sutoyo  dikonfirmasi, ia selalu mengakali wartawan dengan berjanji akan segera menghubungi.

“Maaf ya, saya sedang rapat ni, nanti saya hubungi kembali”, alibinya seperti dilansir zulnas.com pada minggu (24/02/2019) sekira pukul 20.00 Wib.


Hingga dua jam berlangsung, Ketua Bawaslu Ade sutoyo belum juga beritikad baik untuk memberikan keterangan apa pun.

Ketika tiba saatnya dihubungi pada pukul 22.50, meskipun panggilan masuk di teleponya bergetar, lagi lagi Ade Sutoyo kembali berhasil mendustai wartawan.

Untuk diketahui, pada 23 Februari 2019 lalu, terdapat daftar nama nama Kades di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara yang diduga menyatakan sikap dukungan mereka untuk memenangkan pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin pada april 2019 mendatang.

Surat Pernyataan Sikap Kepala Desa Mendukung pasangan Nomor urut 01 pasangan Jokowi – ma’ruf.

Selanjutnya, surat dugaan dukungan para kades itu diviralkan langsung oleh Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima di akun Facebook milik nya.

Akibatnya, banyak netizen yang mengutuk keras atas kejanggalan tersebut, hingga menyebabkan banyak pihak memberikan cercaan kepada bawaslau yang seolah alfa dari fungsinya sebagai pengawas pada pemilu 2019.

Dari lima belas kepada Desa yang diduga telah menandatangani pernyataan sikap mendunkung dan siap mensukseskan Jokowi dan Ma’ruf Amin pada pemilu 2019 mendatang, hanya sepuluh kepala Desa yang memberikan setempel pemerintah pada surat dukungan tersebut. Diantaranya yakni :

M Siregar Kades Aek Nauli, Syubbanul As Kades Sei Buah Keras,Toko Kades Sido Mulyo, Muhammad Khairul Kades Nenas Siam, Syahrial Kades Pematang Nibung, Ok Burhanuddin Kades Medang, Ismail SH Kades Medang Baru, Ismail S.Pd Kades Mandar syah.

Selanjutnya, Muhammad Khairul Kades Pakam, Muhammad Zein Kades Pakam Raya, Gomal Sitorus Kades Pakam Raya Selatan, Hasudungan Manik Kades Cengkring Pakam, Kusidi Kades Sei Rakyat, Pasidi Kades Sei Raja, dan Hitler Sinaga Kades Tanjung Sigoni. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top