Connect with us

Pt Inalum Sodorkan Rp 39 M ke Kabupaten Batu Bara dan Simalungun

KILAS DAERAH

Pt Inalum Sodorkan Rp 39 M ke Kabupaten Batu Bara dan Simalungun

Kontra.ID — Sebagai perusahaan plat merah, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Pt Inalum menunjukkan tanggungjawabnya untuk ikut melakukan pembangunan di kawasan kabupaten Batu Bara dan sekitarnya. Hal itu, diwujudkan dengan berbagai program tanggungjawab sosial yang telah disalurkan dan mencakup berbagai bidang.

Tak hanya semata di Kabupaten Batu Bara saja, pabrik peleburan aluminium pertama dan satu-satunya di Indonesia, juga tak mau ketinggalan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Simalungun. Di Kabupaten Batu Bara, Inalum melakukan bedah rumah tak layak huni terhadap 48 rumah.

Kemudian, di bidang seni Inalum membangun Sanggar Tari Tradisional di Tanjung Tiram sebanyak 1 unit. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Plt. Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih kepada Bupati Batu Bara, H. RM. Harry Nugroho dan kepada para penerima program di Aula Kantor Bupati Batu Bara belum lama ini.


Plt. Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih bersama Wakil Bupati Simalungun (Istimewa)

Plt. Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih bersama Wakil Bupati Simalungun (Istimewa)

Inalum juga menyalurkan bantuanmelalui program Kemitraan kepada 24 usaha kecil mikro. Hal itu merupakan upaya untuk memberdayakan sumber daya manusia dan mengurangi angka pengangguran. Penyaluran bantuan ini menunjukkan, Inalum konsisten hadir dalam pembangunan di Kabupaten Batu Bara sebagai wilayah tempat Pabrik Peleburan Inalum berdiri tersebut.

Penyerahan juga dihadiri oleh Wakil Bupati terpilih Kabupaten Batubara, Oky Iqbal Frima, Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis Inalum, Dante Sinaga dan jajaran manajemen Inalum serta Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Batubara.


Tampak sepintas Oky Iqbal frima tengah menyempatkan diri berbincang dengan Oggy Achmad Kosasih

Dalam kesempatan tersebut, Oggy menjelaskan bahwa, Inalum terus berkomitmen untuk hadir berkontribusi bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Batubara. “Inalum berkomitmen menyalurkan bantuan CSR & PKBL yang efektif dan tepat sasaran khususnya di Kabupaten Batubara. Tahun ini anggaran CSR dan PKBL sebesar tiga puluh sembilan miliar Rupiah dan angka ini naik dari anggaran tahun lalu sebesar tiga puluh satu miliar Rupiah,” ujar Oggy dalam pernyataannya, Jumat (21/12).

Ia melanjutkan, tahun depan pihaknya berencana melaksanakan program pemberantasan buta aksara, peningkatan kompetensi guru, bimbingan belajar meningkatkan nilai UN, beasiswa, pemberdayaan pemuda untuk pengolahan limbah/sampah untuk diproduksi menjadi produk bernilai ekonomi, serta pembentukan desa binaan baru di bawah jalur transmisi.

Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis Inalum, Dante Sinaga menambahkan, selama ini program tanggungjawab sosial Inalum selalu dilaksanakan berdasarkan riset dan survei yang mendalam.

“Dalam menentukan daerah atau penerima bantuan, Inalum selalu berusaha menentukan berdasarkan hasil riset ataupun survei yang mendalam. Kami harap bantuan yang selama ini disalurkan Inalum dapat bermanfaat dalam jangka panjang dan tepat sasaran,” ungkap Dante.

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Batubara melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 1.073 penerima beasiswa.

Mereka juga melakukan pelatihan usaha kreatif bagi pemuda/i di sekitar pabrik peleburan, program operasi katarak dan operasi bibir sumbing bagi masyarakat kurang mampu di sekitar pabrik peleburan, pemberdayaan petani di desa-desa sekitar jalur transmisi, pembuatan Posyandu, Sumur Bor, dan Jamban/MCK untuk masyarakat.

Selain itu juga peningkatan skill pemuda/i di bidang operasi alat berat, las, konveksi, dan pelatihan sekuriti, pembangunan Masjid Al-Anshor di Desa Pelanggiran Laut Tador serta pengembangan Desa Wisata Pantai Kualo Tanjung Indah, Desa Kuala Indah.

Sedangkan di Kabupaten Simalungun, PT Inalum memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelestarian alam. Termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba. Kabupaten Simalungun sebagai salah satu wilayah yang berada di sekitar Danau Toba dan dilalui oleh jaringan transmisi Inalum, turut menerima bentuk nyata semangat Inalum dalam hadir untuk negeri.

Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggungjawab sosial yang mencakup berbagai bidang. Di bidang pendidikan dan keagamaan, produsen aluminiumini membantu renovasi Taman Bacaan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Simalungun dan turut membangun Islamic Center di Masjid Al Munawwarah di Kota Perdagangan.

Lebih lanjut Oggy menjelaskan, Inalum terus berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Simalungun melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 798 penerima beasiswa.

Selain itu mereka juga menggelar program pembibitan dan penanaman pohon di Kecamatan Dolok Pardamean, program rehabilitasi lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba serta pembuatan posyandu, sumur bor, dan jamban/MCK untuk masyarakat. Red.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top