Connect with us

Kadis PUPR Batubara Dengan Bangganya Merokok di Sidang Pansus

KILAS DAERAH

Kadis PUPR Batubara Dengan Bangganya Merokok di Sidang Pansus

Kontra.ID — Ada pemandangan aneh dalam Rapat panitia Khusus (Pansus) RTRW Batubara di Gedung Paripurna DPRD setempat, kamis (11/7/2019).

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Batubara, Muhammad Yunus, tampak santai menghisap sebatang rokok dalam ruang sidang terbatas ketika rapat pansus sedang berlangsung.

Yunus bahkan cuet dan ogah menjawab dan menanggapi pertanyaan dari anggota DPRD Batubara, Citra Mulyadi Bagun dari Partai PKS mencecerkan pertanyaan kepadanya.

“kenapa Konsultan tidak dilibatkan dalam rapat pansus (RTRW) ini” tanya Citra ke Yunus.

Anggota DPRD Batubara yang hadir dalam rapat sidang Pansus.

lantas dengan tanpa bersalah, Yunus pun melanjutkan menghisap rokok dan mengabaikan pertanyaan tersebut.

Tak hanya itu, saat Citra menceceri pertanyaan ke Yunus dan kabag Hukum, Rahmat Sirait atas persoalan  RTRW itu, anggota dewan yang lain pun, seperti Sarianto Damanik juga sebelumnya sempat meminta penjelasan lagi atas kepastian naskah perubahan RTRW, apakah sudah sesuai atau belum dengan perundang-undangan berlaku.


Pertanyaan itu justru dijawab langsung oleh kabag Hukum, Rahmat Sirait, ia menegaskan bahwa naskah yang sedang dibahas sudah sesuai dengan rancangan konsultan.

“Yang kita bahas ini kan memang produk dari konsultan, masalahnya dimana” sebut Rahmat Sirait panjang lebar.

Lantas, pimpinan rapat, Azhar Ramli langsung menyoalkan pertanyaan-pertanyaan itu agar dikurangi karna menurutnya, pertanyaan itu tidak ada relevannsi dan kurang penting di bahas dalam rapat.

Seolah tak penting menaggapi dan merenungkan pertanyaan dari Citra Mulyadi Bangun, Muhammad Yunus pun tetap saja menyuluti rokoknya satu persatu, secara silih berganti.

Plt Kadis PUPR Batubara, Muhammad Yunus tertangkap kamera saat sedang menyuluti rokoknya diruangan paripurna DPRD setempat.

Dia terlihat asyik menghisap rokok sambil mengikuti pembicaraan soal rancangan ranperda RTRW yang sedang digodok.

Disarankan Baca Juga :

Hati Plt Kadis PUPR Batu Bara Sama ‘Kotornya’ Seperti Jalanan Rusak

Kertas kue pun, bahkan dia jadikan sebagai asbak sementara.

Ruangan sidang yang ber-AC itu pun seolah tak menjadi penghalang bagi bagi Muhammad Yunus untuk tidak merokok.

“Saya maklumilah. Ini yang harus dipikirkan ketua DPRD yang baru nantinya, yaitu menyiapkan ruang rokok khusus. Kita tidak bisa melarang teman-teman kita karena perokok itu memang susah berhentinya, apalagi sidang itu kan kadang membosankan,” kata Sekwan DPRD Batubara, Zainuddin saat dikonfirmasi (11/7).

Sekwan DPRD Batubara, Zainuddin

Meskipun begitu, menurut Sekwan DPRD Zainuddin, Baik anggota Dewan maupun pejabat OPD yang merokok diruangan Paripurna tersebut harus tetap memperhatikan etika dan faktor kesehatan bagi yang lain saat berada di ruang rapat.

Secara garis besar, Zainuddin mengaku tak permasalahkan jika suatu saat Kabupaten Batubara akan memiliki perda kawasan tanpa rokok.

Kendati demikian, Zainuddin berharap realisasi perda tersebut bisa diselaraskan dengan sarana dan prasarana pendukung salah satunya adalah ruangan khusus perokok. *

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top