Connect with us

Ilusi Bupati Selamatkan 122 TKI Ilegal di Batu Bara Hanya Mimpi

KILAS DAERAH

Ilusi Bupati Selamatkan 122 TKI Ilegal di Batu Bara Hanya Mimpi

Kontra.ID — Sebanyak 122 TKI ilegal di kabupaten Batu Bara, Sumut, dinyatakan bebas setelah mendapat pengampunan dari pihak Malaysia.

Kini, para TKI ilegal itu telah dipulangkan oleh Malaysia ke Indonesia melalui jalur Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjung Balai, pada Senin, 27 April 2020 siang tadi.

Selanjutnya 122 TKI ilegal tersebut telah dibawa oleh pihak Pemkab Batu Bara untuk dikarantina. Tak serta merta bisa kembali bertemu dengan sanak saudara mereka.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batu Bara Wahid Khusyairi yang juga Juru bicara tim Gugus Tugas Covid-19 di daerah itu, menyebut, kepulangan 122 TKI (ilegal) itu diakuinya sebagai hadiah indah usai perjuangan panjang Bupati Ir Zahir M.Ap melakukan diplomasi diam-diam, atau disebut silent diplomacy kepada pihak Malaysia, dengan bersama-sama membiayai seluruhnya dana kepulangan mereka.

“Ya Sama-sama (Malaysia dan Batu Bara), semua dana transport kepulangan meraka (dari malaysia) kita yang bantu,” kata Wahid, pada Senin, 27 April 2020, melaporkan untuk juru berita Kontra.ID.

Terkait kepastian dana itu, Wahid Khusairi kemudian menyarankan untuk menanyakan langsung rincian biaya kepulangan TKI itu kepada Kadis Tenaga Kerja.


Benarkah Demikian?

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batu Bara Erinaldo saat dikonfirmasi mengatakan tidak.

Erinaldo bilang keterlibatan Pemkab Batu Bara terkait kepulangan 122 TKI ilegal tersebut hanya sebatas pendataan saja.

Pemkab Batu Bara dalam hal ini, dia secara berulang kali menyebutkan, tidak ada membiayai kepulangan 122 TKI ilegal itu.

“Ya 122 TKI itu sebenarnya semua ilegal, kita hanya pendataan saja, tidak ada pembiyaan kepulangan,” katanya, Senin, (27/04) malam.

Lebih lanjut Erinaldo bilang Pemkab Batu Bara hanya memfasilitasi transportasi kepulangan TKI hanya dari jalur  Pelabuhan Teluk Nibung, (Tanjungbalai) ke Batu Bara, untuk kemudian di karantina untuk pencegahan penularan Covid-19.

“Untuk transportasi jalur daratnya, itu (tanya) ke Dishub,” ucapnya.

Pemkab Hanya Fasilitasi Rp 6 Juta untuk penjemputan TKI dari Tanjung Balai ke Batu Bara

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Batu Bara Jonis Marpaung menyebut, terkait kepulangan TKI (ilegal) ini, pihaknya hanya menyediakan 6 transportasi Bus.

“Kita hanya memfasilitasi jalur darat dari Pelabuhan Teluk Nibung, ke Batu Bara, kita cuma menyediakan 6 bus, biaya yang sudah  habis cuma 6 juta, itu beda dengan transport personil” kata Jonis, biaya 6 juta tersebut diluar dari makan dan minum TKI itu.

“Untuk makan minum, itu kapasitas dinas sosial,” katanya, untuk rincianya tanyakan ke Dinsos.

Makanan TKI di Tanggung Dinsos Selama Kepulangan

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ishak Liza membenarkan tugsnya di gugus tugas sebagai dapur umum yang memberi makan ke TKI, namun Ishak menolak untuk menyebut rincian dana yang habis.

Meski ishak mengakui dinasnya mendapatkan porsi anggaran dari gugus Covid-19. Dia bilang, tidak hanya makanan saja yang diberikan kepada 122 TKI, baju, odol gigi, shampo dan sendal juga.

“Ya kita dapat dari dana tim Gugus,
Baju sampai sendal, odol dan shampo mereka (TKI) juga ada kita kasi,” kata Ishak, senin (27/04).

Soal realisasi dana makanan yang sudah habis untuk TKI, kata Ishak “kita belum tau, karena belum selesai, tak bisa juga diprediksi”.

Ishak pun menjelaskan, makanan TKI selama (dideportasi) di Malaysia bukan tangung jawabnya, melainkan makanan diberikan setelah TKI itu sampai di Pelabuhan
Teluk Nibung, hingga pada saat mereka selesai di karantina.

Sebagai Informasi, dilansir dari Analisadaily.com Bupati Batubara, Ir Zahir M.Ap, menjemput kepulangan sebanyak 122 warga Batu Bara dari Malaysia di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, Senin (27/4) siang.

Kehadiran Pemkab Batu Bara dalam penjemputan itu, kata Bupati sebagai upayanya untuk menyelamatkan nasib TKI.

“Mereka yang dipulangkan sebanyak 122 orang adalah warga Batu Bara yang terdampak Covid-19 di Malaysia,” kata Zahir seperri dilansir dari analisadaily.com.

Pemkab Batu Bara, lanjut Bupati, “hadir untuk menyelamatkan ratusan TKI yang butuh bantuan,” pungkasnya.

Hingga berita ini digubrik, kadis Tenaga keraja Batu Bara Erinaldo memastikan, kepulangan 122 TKI ilegal dari malaysia tersebut bukan tanggungan pemerintah Batu Bara.

Pemkab Batu Bara, kata Dia terkait ihwal kepulangan TKI Ilegal dari malaysia ke pelabuhan, hanya sebatas pendataan jumlah dan penjemputan dari Pelabuhan saja.

Menaggpi hal ini, Seorang pengiat di sebuah lembaga kajian tentang kebijakan publik di Batu Bara, Arwan Syahputra mengatakan upaya penyelamatan yang digembar-gemorkan oleh bupati kesejumlah media masa selama ini hanya ilusi dan mimpi Bupati.

“Kalo apa yang dikatakan Kadisnaker itu benar demikian, mungkin ilusi Bupati ingin selamatkan 122 TKI ilegal di Batu Bara itu hanya mimpinya,” kata Arwan, Senin 27 April 2020 kepada berita Kontra.ID.

Ilusi penyelamatan dari Bupati itu, kata Arwan “hanya nyata dalam moment foto-foto yang kemudian diabadikan dalam berita.

“Kalo sekedar penjemputan itu sudah kewajiban, penyelamatan itu murni hasil deplomasi pihak Malaysia dan kedutaan indonesia  (KBRI) dan Pemerintah RI,” katanya.

Lebih lanjut Arwan mengatakan, jika Bupati mau menyelamatkan nyawa warganya, jangan hanya TKI saja, namun pastikan TKI Ilegal itu bersih dari virus corona dan kemudian identitas nama-nama mereka wajib diumumkan sebagai antisipasi penuraran wabah virus terhadap 300 ribu warga yang saat tinggal di Batu Bara.

“Itu baru namanya menyelamatkan apabila itu dilakukan, jangan sekedar menjemput TKI ilegal dari Tanjung Balai kemudian sudah dikatakan sebagai penyelematan, itu namanya ilusi dan hanya mimpi Bupati . Dan itu wajar saja kaitanya dalam politik” cetusnya. **

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

10 Comments

10 Comments

  1. Khairudin Harahap

    28 April 2020 at 1:01 pm

    Semua urusan ini usaha murni Bupati Batubara , Diaspora Indonesia Chapter Malaysia dan KBRI. Untuk saat ini ketika PKP di Malaysia hanya Pati TKI dari Batubara saja yg ber hasil pulang ke Indonesia dan tak perlu bayar kompaun.

    Hanya …. PATI TKI dari BATUBARA..dan PATI TKI dari Kabupaten lain dari seluruh Indonesia belum ada yg berhasil buat masa ini….. luar biasa Bupati Batubara …..Khairudin Harahap – Director Indonesia Sosiology Research – Kuala Lumpur

  2. Khairudin Harahap

    29 April 2020 at 10:46 am

    IDN MALAYSIA JALANKAN MISI KEMANUSIAAN:
    BANTU PENGAMPUNAN & PEMULANGAN TKI ILEGAL ASAL SUMATERA UTARA VIA PELABUHAN PORT KLANG
    DITENGAH PKP DI MALAYSIA

    Ditengah pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) di Malaysia, Indonesian Diaspora Network (IDN) Chapter Malaysia dibawah pimpinan Presiden Dato’ Sri Chairul Anhar dan Sekjen Sdr Lukmanul Hakim, melakukan inisiatif misi Kemanusiaan yang didukung oleh KBRI Kuala Lumpur dalam rangka memulangkan TKI Ilegal dari Sumatera Utara via Pelabuhan Port Klang Selangor Ke Teluk Nibung Asahan Sumut.

    Proses pemulangan ini tidaklah mudah, karena memerlukan pengampunan dari pihak Kerajaan Malaysia, baik dari segi hukuman maupun denda khususnya Kementrian Dalam Negeri dan jajaran, kementrian pengangkutan dan jajaran juga Instansi terkait Pihak Pemerintah Indonesia.

    Dalam menjalankan misi kemanusiaan ini, Presiden Diaspora Indonesia Malaysia, Dato’ Sri Chairul Anhar bersama Pemda Kabupaten Batubara, mendapat dukungan dari Bapak Gubernur Sumatera Utara, beserta KBRI Kuala Lumpur, serta didukung oleh instansi terkait pemerintah Indonesia untuk memulangkan TKI Ilegal sebanyak 122 orang dari Sumut.

    Misi Kemanusiaan Pemulangan TKI Ilegal ini memiliki tahapan tahapan yang disesuaikan dengan SOP Kerajaan Malaysia, dimana Pelabuhan Port Klang adalah Pelabuhan yang ditutup selama KPK berlangsung, pergerakan Warga dibatasi, dan harus mengikuti aturan Pencegahan Covid 19.

    TKI Ilegal yang akan dipulangkan sesuai data yang masuk berjumlah 128 orang, data ini diterima dari Pemda BatuBara, yang tersebar di Negeri Selangor sebanyak 116 orang , 9 orang dari Kuala Lumpur, 1 orang dari Johor, dan satu orang dari Genting Pahang.

    Pada tanggal 26 April 2020, TKI yang akan dipulangkan diharuskan ke Pelabuhan Port Klang untuk melakukan test Kesehatan, Verifikasi Data dan interview oleh Imigrasi Malaysia . Mereka dibekali surat Jalan Dari KBRI Kuala Lumpur untuk memudahkan pergerakan dari Rumah masing-masing menuju Port Klang, dan menginap sehari di tempat penampungan pelabuhan Port Klang. Jumlah yang hadir sebanyak 122 orang dengan rincian: Laki Laki: 87 Perempuan: 35, Ibu Hamil: 11 orang dan Anak Anak: 11orang

    Pada tanggal 27 April 2020: Kapal Feri Pasific Jet Star 1 dengan kapasitas 300 orang merapat sekitar jam 9 pagi di Pelabuhan Port Klang. Setelah menjalani pengecekan kesehatan dan validasi dokumen oleh Imigrasi Malaysia, sebanyak 122 TKI Ilegal berlabuh pada pukul 13.15 menuju Pelabuhan Teluk Nibung, Asahan Sumut. Tepat Pukul 18.40 WIB TKI tiba di Ruang karantina Batu Bara, untuk mengikuti proses pengecekan kesehatan sesuai protocol covid 19 oleh Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Batu Bara

    Mewakili Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak pihak yang telah mensukseskan program misi Kemanusiaan ini, khususnya Kerajaan Malaysia beserta jajaran, KBRI Kuala Lumpur beserta Jajaran, Pemda Kabupaten Batubara beserta jajaran serta Gubernur Sumatera Utara beserta jajaran.

    Presiden Indonesian Diaspora Network
    (IDN) Malaysia
    Dato’ Sri Chairul Anhar

    Sekjen
    Lukmanul Hakim Bsc MLIS

  3. best cbd oil

    24 Mei 2020 at 12:22 pm

    I got this website from my buddy who told me concerning this website and now this time I am browsing this site and reading very informative content at this time.|

  4. Raja Bokep

    28 Mei 2020 at 8:00 pm

    Excellent article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.|

  5. homepage

    29 Mei 2020 at 2:16 pm

    I am extremely inspired along with your writing abilities as smartly as with the format for your blog. Is that this a paid theme or did you modify it your self? Either way stay up the nice high quality writing, it is rare to peer a nice weblog like this one nowadays..|

  6. free

    29 Mei 2020 at 6:46 pm

    I like looking through a post that will make men and women think. Also, many thanks for allowing me to comment!|

  7. how to lose the weight

    30 Mei 2020 at 7:06 am

    I seriously love your blog.. Very nice colors & theme. Did you create this website yourself? Please reply back as I’m hoping to create my very own website and would love to find out where you got this from or just what the theme is called. Appreciate it!|

  8. best home exercises to build pecs

    31 Mei 2020 at 7:24 am

    What’s up to all, the contents present at this web site are actually remarkable for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.|

  9. ui ux design agency

    1 Juni 2020 at 9:58 am

    Thanks for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I am waiting for your further write ups thank you once again.|

  10. I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks!|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top