Connect with us

Hasil survei kebutuhan hidup layak, Pemkab Batu Bara Usulkan UMK Sebesar Rp 2.9 Juta

KILAS DAERAH

Hasil survei kebutuhan hidup layak, Pemkab Batu Bara Usulkan UMK Sebesar Rp 2.9 Juta

Kontra.ID — Pemerintah Kabupaten Batu Bara mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) di Batu Bara tahun 2019 akan naik menjadi Rp2.941.269 dari semula hanya sebesar Rp2.722.640.

Dari usulan UMK tersebut setelah melalui rapat antara Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara dengan Dewan pengupahan daerah (Depeda), dan unsur Serikat pekerja, unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) beserta unsur terkait.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara, Edwin mengatakan, sebelum menetapkan UMK di Batu Bara 2019 sebesar Rp2.941.269 untuk diusulkan, Dinas Tenaga Kerja bersama Dewan Pengupahan Daerah telah terlebih dahulu melakukan survei kebutuhan hidup layak (KHL) secara benar, sehingga pihaknya menemukan angka yang akurat sebesar Rp2.941.269


“KHL sendiri menjadi dasar untuk menetapkan UMK secara benar,” kata Edwin, Senin (10/12).  Disebutkannya, sampai sekarang pihaknya masih berpedoman kepada PP 78 tahun 2015 sebagai acuan untuk menetapkan UMK di Batu Bara.

Dalam menentukan besaran UMK, pihaknya telah melakukan kajian dan survai KHL secara benar, sehingga ditemukan angka yang akurat. “Setelah ini hasil rapat akan kita bawa ke provinsi untuk disetujui dan dapat diimpelementasikan kepada masyarakat,”katanya. *Red

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top