Connect with us

Bupati Zahir Inginkan Langkah Perubahan Nyata di APBD 2020

KILAS DAERAH

Bupati Zahir Inginkan Langkah Perubahan Nyata di APBD 2020

Bupati Zahir Inginkan Langkah Perubahan Nyata di 5 Prioritas ini

Kontra.ID — Membangun kabupaten Batubara dengan segala kompleksitasnya tidaklah semudah seperti membalikan telapak tangan.

Butuh sentuhan tangan kreativitas supaya lebih maju. Bupati kabupaten Batubara, Ir Zahir Map sangat memahami hal itu. Makanya, mantan anggota DPRD Sumut ini terus mencari terobosan baru.

Bahkan Dia sudah punya perencanaan matang dalam menata pembangunan kabupaten Batubara tahun 2020 mendatang.

Untuk itulah Zahir tekan seluruh kepala Dinas dengan 5 Prioritas pembagunan tahun 2020, dalam kegiatan pasca musrenbang Kabupaten Batubara tahun 2019, di MPH Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, pada Rabu, (9/10/2019) siang tadi.

Bupati Zahir saat mempaparkan prgram 5 prioritas pembangunan kabupaten Batubara 2020.

Berbagai program strategis pun ia paparkan dalam kegiatan tersebut.

5 prioritas itu merupakan implementasi dari janji politiknya saat kampanye tahun 2018 lalu.


Bersama Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima, Bupati Zahir menandaskan akan terus mengebut target itu.

Zahir yakin dengan 5 prioritas program kerjanya di tahun 2020 tersebut akan berjalan lancar karena konsep dan gagasannya memang dirancang secara mandiri untuk mengakhiri penderitaan rakyat kabupaten Batubara.

Bupati menyebut, pertama; prioritas utamanya di tahun 2020 adalah meningkatkan pembangunan manusia dan menekan angka pengurangan dan kemiskinan melalui peningkatan kualitas pelayanan dasar yang merata. Dan isu itu dijadikan sebagai prioritas dan anggaran nomor wahid dalam APBD 2020.

Khusus dalam penanganan penganguran dan kemiskinan, Zahir mengakui secara fair di tahun 2020 Batubara masih akan menghadapi banyak tantangan dan ketimpangan untuk diselesaikan.

“Tapi insyaallah dengan program kemandirian desa dan lain-lain, dalam lima tahun akan kita kikis semaksimal mungkin,” katanya.

Selanjutnya ada Prioritas Kedua, yakni Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan melalui penguatan konektivitas antar kecamatan dan meningkatkan kualitas infrastruktur guna mendukung proyek strategis nasional.

Kemudian Peningkatan nilai tambah ekonomi, kesempatan kerja melalui pengoptimalan potensi ekonomi lokal dan menciptakan kesempatan kerja juga menjadi prioritas dalam pembagunan APBD Batubara 2020.

Hal itu dibuktikan dengan Bupati mendapatkan lampu hijau dari DPRD mengajukan utang daerah dari PT SMI sebesar Rp 139 miliar untuk menuntaskan belasan beban infrastruktur yang rusak di Batubara.

Prioritas yang Keempat pun berfokus kepada pemantapan ketahanan pangan, peningkatan energi dan sumber daya air serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Prioritas yang kelima adalah
peningkatan tata kelola pemerintahan dan penegakan hukum serta pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi.

Bupati Zahir saat berfoto bersama dengan seluruh kepala kepala OPD di lingkungan Pemerintah Batubara.

“Kelima prioritas tersebut dalam rangka mewujudkan visi misi 2018-2023. yakni “menjadikan masyarakat kabupaten Batubara masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya.” tandasnya.

Selain itu, Politikus PDI-Perjuangan itu juga mengklaim pencapaian kondisi makro ekonomi dibawah kepemimpinanya sudah naik dari pemerintah sebelumnya.

Menurutnya, beberapa pencapaian di tahun 2018 itu akan menjadi modal awal untuk menentukan strategi pembangunan di 2020.

“Seperti terlihat pada capaian indikator makro ekonomi tahun 2018 dimana laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Batubara telah mengalami pertumbuhan sebesar 4,38 %, naik dibandingkan angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 hanya sebesar 4,11 %,” cetusnya.

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

2 Comments

2 Comments

  1. ปั้มไลค์

    10 Oktober 2019 at 12:11 am

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. ปั้มไลค์

    10 Oktober 2019 at 3:17 am

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top