Connect with us

Bupati Zahir Harap PAUD Terus Lahirkan Generasi Emas

KILAS DAERAH

Bupati Zahir Harap PAUD Terus Lahirkan Generasi Emas

Kontra.ID — Mempersiapkan generasi emas berkualitas, Pemerintah Batu Bara terus serius jajaki peningkatan kapasitas dan kualitas SDM dengan melibatkan pendidikan keluarga dan sekolah yang dimulai dari PAUD.

Peningkatan, perbaikan infrastruktur dari pinggiran desa dan peningkatan proses pembelajaran menjadi langkah awal yang harus dikejar dan dicapai oleh pemerintah setempat.

Untuk mendorong hal tersebut, Bupati Batubara Zahir terus mendorong naiknya anggaran pendidikan hingga tahun 2020.

Plt Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus menjabarkan, anggaran Pendidikan Batu Bara tahun 2020 sebesar Rp 89 miliar terbagi menjadi tiga.

Dari APBD Rp 24 miliar sedaangkan DAK dan BOS senilai 65 miliar.

Salah satu program yang dijagokan dalam mencetak anak berkualitas yaitu pendidikan golden peroide.


Yaitu dengan memfokuskan dan memaksimalkan golden period anak, terutama usia 0-5 tahun.

Bunda Kabupaten Batubara, Ny. Maya Indriasari Zahir saat memberikan seregam nasional gratis kepada peserta anak didik secara simbolik di Yayasan Nabilah Mufidatul hilmi.

Untuk itulah, Bunda Kabupaten Batubara, Ny. Maya Indriasari Zahir melaunching Lembaga Pendidikan Yayasan Nabilah Mufidatul hilmi, yang terletak di Desa Pelanggiran, Kecamatan Laut Tador, pada senin, (7/10/2019), membuka pendidikan mulai dari jenjang kelompok bermain hingga Taman kanak-kanak atau PAUD.

Dalam sambutannya, Istri Bupati kabupaten Batubara ini mengatakan, Lembaga Pendidikan Yayasan Nabilah Mufidatul hilmi ini memberikan Pendidikan yang modern, akan tetapi tetap memperhatikan kearifan lokal yang hasanah dalam keislaman.

Tentunya Lembaga Pendidikan Yayasan ini dirancang untuk bisa melahirkan generasi emas. Genarasi yang bukan hanya sekedar memiliki kemampuan intelektual semata, akan tapi juga memiliki kualitas moral dan daya saing untuk menghadapi persaingan global di masa mendatang.

Itulah sebabnya, Maya Indriasari Zahir mengajak kepada seluruh komponen, mulai dari pemerintah, orang tua, hingga seluruh lapisan masyarakat, “ayo bersama-sama meningkatkan dunia pendidikan di Batubara,”.

“Semua harus terlibat, mulai dari kualitas tenaga pengajar, pemerintah hingga masyarakat. Kita harus bersatu bergotong royong membangun tanah bertuah Batubara ini,” kata Maya didampingi Suaminya, Zahir dan istri wakil Bupati Batubara Astuti Wulandari Oky.

Ketua TP PKK Batubara ini juga berharap, dengan adanya bangunan baru yayasan Nabila Mufidatul Hilmi, maka akan menjadi motivasi bagi tenaga pengajar serta para siswa untuk lebih nyaman dalam kegiatan proses belajar dan mengajar.

“Semoga bangunan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendidik dan memberikan nilai nilai luhur, budi perkerti yang baik sehingga anak anak didik (kita) dapat tumbuh berkembang menjadi anak sholeh dan sholeha serta taat kepada guru serta menaruh hormat pada orang tua'” tuturnya.

Untuk melengkapi uraian sang istri,
Hal ini juga ditegaskan Bupati Zahir. Bupati menegaskan bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting menjadi pondasi karakter.

Bupati Zahir saat menandatangani batu prasasti peresmian gedung baru Yayasan Nabilah Mufidatul hilmi.

Ia menganalogikan jika pondasi (karakter anak) itu kokoh maka seluruh bangunan diatasnya akanakan memi pijakan yang kuat. Sebaliknya jika pondasinya rapuh, maka betapapun bagusnya pendidikan anak setelah periode usia dini, bangunan pendidikan itu akan mudah runtuh.

“(Oleh karnanya) Pendidikan karakter itu penting untuk membangun mentalitas anak. Kalau di PAUD, seluruhnya memang untuk menumbuhkembangkan pondasi karakter yang dilakukan dengan cara membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar kelak mereka memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,” ujarnya usai konferensi pers, senin (7/10/2019).

Plt Kadis Pendidikan Batubara, Ilyas Sitorus – Dok

Sebagai penutup, Plt Kadis Pendidikan Batubara, Ilyas Sitorus melaporkan, selain peresmian Gedung PAUD Nabilah Mufidatul Hilmi, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan pemberian bantuan berupa seragam sekolah gratis kepada seluruh peserta didik baru ditingkat SD dan SMP yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Zahir.

Hal ini dilakukan, lanjutnya “sesuai dengan janji politik Bupati saat kampanye di tahun lalu dengan tujuan agar pendidikan di daerah ini mudah dijangkau dan bebas biaya’.

“Bantuan seragam geratis ini ada sekitar 18.645 siswa untuk anak SD/MI dan SMP/MTs sederajat diberikan dulu secara bertahap, terutama untuk anak-anak yang baru masuk sekolah, asal anak tersebut sekolah di Kabupaten Batubara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Batu Bara, Ir H. Zahir M. AP, wakil Kapolres Herwansyah, Anggota DPRD Provinsi Ahmad Hadian K., S.Pd, Camat Laut Tador, Arif.

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    8 Oktober 2019 at 4:15 pm

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top