Connect with us

Bupati dan Legal Opini Jaksa, Utang Inalum Bakal Dihapus Rp 105 Miliar, Tinggal Menuggu Pendapat Dewan

Bupati Kabupaten Batu Bara Ir Zahir Map (Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah) | KONTRA.ID

KILAS DAERAH

Bupati dan Legal Opini Jaksa, Utang Inalum Bakal Dihapus Rp 105 Miliar, Tinggal Menuggu Pendapat Dewan

Kontra.id — Pemerintah kabupaten Batu Bara berikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, pada  17 maret 2020 kemarin.

Penghargaan diberi kepada Kajari Batu Bara Mulyadi Sajaen atas partisipasi memberikan bantuan hukum non litigasi dalam penyelesaian piutang pajak penerang Jalan (PPJ) Inalum kepada Pemkab Batu Bara senilai Rp209 miliar.

“Salah satu kerja sama yang telah dilaksanakan bersama Kejari yaitu penyelesaian piutang pajak penerangan jalan (PPJ) PT Inalum sebesar Rp 209 miliar,” Kata Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPPPD), Rijali pada, Jumat, (20/2 2020) kemarin.

Dalam kerjasama itu, Rijali katakan, pihak kejaksaan telah memberikan pendapat hukum berupa legal opini terkait rencana penghapusan sanksi administrasi penyelesaian piutang PPJ dengan PT. Inalum.

Bupati Batu Bara Zahir (tengah) saat memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Kejaksaan Mulyadi Sajaen (kiri) atas partisipasinya dalam memberikan legal opini terkait piutang pajak PT Inalum –  (Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah)

Rijali menilai atas permohonan yang sebelumnya diajukan PT Inalum kepada Bupati terkait pembayaran pajak PPJ yang terutang sejak 5 tahun itu akan semakin malas membayar apabila dibebankan denda pajak.

Jika merujuk sesuai dengan pendapat hukum Kepala Kejaksaan Negeri Batu Bara.  Lanjutnya “Bupati dapat menghapus seluruh denda PT Inalum,” Kata Rijali.


“Sehingga PT Inalum beritikad baik melakukan angsuran pembayaran hutang pajak nya,” katanya PT lnalum telah bayar pokok pajak tahap I sebesar Rp. 50 miliar masa pajak tahun 2013 s.d desember 2017 berkat pendapat dari pak kajari.

Atas kerjasama tersebut, Bupati Batu Bara. “memberikan piagam penghargaan kepada pihak kajari pada tanggal 17 maret 2020.,”

Tak hanya legal opini dari pihak kejaksaan semata, sebelumnya Pemkab Batu Bara juga telah dapat legal opini dari BPK. “tapi tidak secara tertulis,” kata Rijali. “Tapi BPK membolehkan,” klaimnya.

Bupati Batu Bara saat penandatanganan MoU antara Pemkab Batu Bara dengan PT Inalum Terkait Penagihan piutang PPJ PT Inalum di Aula Kantor Bupati kabupaten Batu Bara di Lima Puluh – (Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah)

Selain itu, pemkab Batu Bara juga telah mendapat persetujuan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementrian Keuangan terkait penghapusan denda pajak PT Inalum tersebut.

“Begitu kita rapat dengan Kementrian Dalam Negeri dan Kementeian Keuangan, saat itu Inalum juga ada disana, mereka katakan tidak ada masalah, karna dasar hukum dari penghapusan itu ada,” tambahnya.

Masalahnya eksekusi penghapusan denda PPJ Inalum itu masih belum dapat diproses karna Bupati juga butuh pendapat dari anggota DPRD.

“Hanya tinggal menuggu persetujuan dari DPRD,” katanya

Jika para dewan terhormat nantinya sepakat denda PPJ Inalum dihapus, maka selanjutnya tinggal menguggu Bupati menerbitkan Perbup penghapusan denda pajak  Inalum. Maka dengan demikian;

“PT Inalum hanya tinggal membayar (uatangnya) Rp 54 miliar lagi jika telah dilakukan penghapusan denda,” timpal Rijali

Ditanya berapa jumlah denda pajak PPJ Inalum yang bakal dihapus dari piutang Inalum senilai Rp 209 M itu, Rijali katakan cuma Rp 105 M.

Target pendapatan yang dikejar menjadi pemasukan daerah dari  utang PPJ Inalum itu senilai Rp 104 miliar dari total utang Inalum Rp 209 miliar. Denda yang bakal dihapus senilai Rp 105 miliar. ***

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

1 Comment

1 Comment

  1. best cbd oil companies

    23 Mei 2020 at 7:53 am

    I have read so many articles or reviews about the blogger lovers but this paragraph is really a nice article, keep it up.|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top