Connect with us

BUMD Batu Bara Garap Proyek TPI Pajak Kerang Tanjung Tiram

KILAS DAERAH

BUMD Batu Bara Garap Proyek TPI Pajak Kerang Tanjung Tiram

Kontra.id — Anggaran belanja untuk rehab pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pajak Kerang di Tanjung Tiram, anggarannya kembali tergelincir dari Dinas Perikanan, kabupaten Batu Bara.

Meski dananya tergelincir, namun proyek rehab bangunan TPI Pajak ikan strategis di wilayah Tanjung Tiram itu tak bisa lagi direm.

Pekan lampau, proyek pekerjaan rehab ini kemudian diambil oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Akibatnya, Jones Marpaung, Plt Kepala Dinas Perikanan Batu Bara, sampai menyebut, proyek yang tengah berlangsung saat ini sumber dana pembangunanya murni diambil dari dana lain, untuk menutup target rehab Pajak Kerang ini.

Alasanyanya, TPI Pajak Kerang Tanjung Tiram berdasarkan Perda, tambah Jones, pengelolaannya sudah berubah dari provinsi ke kabupaten, dan kini TPI Pajak Kerang itu telah diberikan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yakni PT Pembangunan Bahtra Berjaya.

Jones kemudian buka-bukaan, sumber anggaran untuk rehab
bagunan TPI Pajak Kerang Tanjung Tiram, yang sebelumnya bertengger diangka Rp 150 juta dan Rp 50 juta untuk rehab sarana Air bersih, seluruh anggaran rehab itu akan di-silpa-kan atau di-nol-kan.


Lantaran proyek itu, kata Jones Marpaung, sudah digarap BUMD.

“Anggran ini bakalan silpa di (Dinas) Perikanan. Jadi pekerjaan (proyek yang sedang dikerjakan) itu murni anggaran (dari) BUMD, karena pajak kerang itu sudah kita serahkan kepada bahtera atau BUMD,” kata Jonis Marpaung melaporkan, untuk Kontra.ID, pada Rabu, 29 April 2020.

Saat disoal terkait seluruh dana dari rencana rehab bangunan TPI di Batu Bara saat ini, Jones menjawab, selain Pajak kerang, semua TPI yang ada di Batu Bara kepemilikan asetnya masih belum diserahkan oleh KKP provinsi ke perintah Batu Bara. Kecuali TPI Pajak Kerang.

“Semua (proyek TPI) itu bisa kita kerjakan apabila nanti sudah ada tanda penyerahan TPI oleh KKP provinsi ke Pemkab Batu Bara. Saat ini (proyeknya) masih belum bisa dikerjakan dulu, kecuali pajak kerang lah karena asetnya sudah dihibahkan kepada PT Bahtera Berjaya,” Pungkas Jones Marpaung.

Berikut ini anggaran belanja Dinas Perikanan Batu Bara tahun 2020 yang berkaitan langsung dengan rehab bagunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Batu Bara, Berikut ini nominal uang, judul kegiatan, dikutip dari RUP Dinas Perikanan.

Saat disoal kenapa anggaran rehab TPI lebih dulu muncul di penganggaran 2020, sementara penyerahan seluruh aset TPI di Batu Bara oleh KKP provinsi, belum diserahkan kepada Pemkab? virus corona-lah yang menurut Jones,  menjadi biang keladinya.

“Harusnya jadwal (penyerahan aset TPI) itu April karena covid-19 (virus corona) ini aja, kata Jones Marpaung,” makanya belum bisa kita kerjakan, cetusnya. ***

Never love anybody or anything, and instead, love everybody and everything.

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    9 Mei 2020 at 7:31 pm

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top