Connect with us

Antisipasi Tindak Kejahatan, Wabub Oky Janjikan Upaya Bantuan Kantor Polsek Tanjung Tiram

KILAS DAERAH

Antisipasi Tindak Kejahatan, Wabub Oky Janjikan Upaya Bantuan Kantor Polsek Tanjung Tiram

Kontra.ID — Masih ada tersisa cerita dari hasil Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima di Kantor Camat Tanjung Tiram, bersamaan dengan Kapolres Batu Bara, Robinson Simatupang saat meninjau TKP Tauran kenakalan remaja di wialayah itu yang belum lama ini mengundang banyak keprihatinan publik.

Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima mengatakan tak ingin Kepolisian di kabupaten Batu Bara kesulitan dalam menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah kecamatan Tanjung Tiram, hanya karena tidak ada kantor polsek yang tersedia disana, sehingga kepolisian setempat sulit untuk menertibkan keamanan.

Biaya Pembangunan Sebahagian Akan Ditangung Pemerintah Batu Bara

Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima bersama Kapolres, Robinson Simatupang dan Anggota DPRD Batu Bara, Ali Atta di Lokasi rencana pembangunan Polsek Tanjung Tiram.

Dalam kesempatan itu, Oky selaku wakil Bupati di daerah itu mewacanakan sebahagian dari biaya pembangunan kantor Polsek tersebut dalam waktu dekat akan ditanggung oleh Pemerintah Batu Bara setelah Polres mengusulkan rencana pembangunanya ke Mabes Polri, dalam bentuk pemberian hibah, termasuk status lahan pembangunan sepenuhnya akan dihibahkan.

Politikus Partai Gerindra itu berjanji akan mendukung dan mengupayakan sebahagian bantuan untuk membangun kantor baru Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Tiram yang lebih representatif.

Pemkab Batu Bara Sudah Lama Ingin Membantu


“Kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara sudah lama ingin membantu, terutama dalam masalah hibah lahan. Tapi nanti perlu studi banding dan konsultasi dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) supaya tidak jadi masalah dikemudian hari  terutama dalam membantu masalah sebahagian anggaran pembangunan” kata Oky, Selasa, 18, Juni 2019.

Satu Polsek Lima Wilayah Kerja

Lokasi Polsek Labuhan Ruku, di Desa Pahang, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara.

Kepolisan Sektor Tanjung Tiram saat ini masih berada dibawah tugas kerja Polsek Labuhan Ruku, di desa Pahang, kecamatan Talawi, yang juga masih membawahi tugas kerja Polsek kecamatam Nibung Hanggus, Datuk Tanah Datar dan Sei Balai dalam satu kantor yang sama.

Namun bagi Oky, Meskipun letak tugas sudah strategis dan saling berhubungan langsung dengan wilayah perbatasan antara lima kecamatan itu, namun fokus wilayah keamananya dirasa masih belum tertib, disebabkan wilayah kemanan tersebut memiliki kefokusan keamanan yang berbeda dimasing-masing wilayah tugas, sementara ruang kejahatan terus semakin berkembang dan meningkat.

Oleh sebab itu pengembangan pembangunan  kantor polsek di kecamatan Tanjung Tiram masih membutuhkan area yang berbeda karena akan disatukan dengan kecamatan Nibung Hangus, khususnya halaman yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan keamanan di sektor itu.

Selain itu, perlu penambahan ruangan dengan ukuran dan jumlah ruangan yang memadai mewadahi aktivitas personel.

Mendapat Respon Positif dari Ketua DPRD dan Kepala Bappeda

Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima bersama Kapolres, Robinson dan Anggota DPRD, Ali Atta di Lokasi rencana pembangunan Polsek Tanjung Tiram.

Oky mengaku sudah membicarakan rencana itu dengan Kepala Bappeda, Ahmad Ensten dan Ketua DPRD Batu Bara, Selamat Arifin, beserta anggota DPRD Dapil Tanjung Tiram, Ali Atta, terlebih telah diusulkan kepada camat Azwar agar rencana pembangunan polsek Tanjung Tiram tersebut dapat diprioritaskan.

Menurutnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Ketua DPRD Batu Bara beserta anggota DPRD Dapil Tanjung Tiram, juga sepakat sehingga masalah sebahagian anggaran untuk pentup dari kekurangan anggaran ini tinggal dibahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam pertemuan resmi untuk diputuskan.

Sudah Diusulkan Kepada Camat

Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima bersamaam dengan Kapolres, Robinson Simatupang dan Anggota DPRD Batubara, Ali Atta di Lokasi rencana pembangunan Polsek Tanjung Tiram.

“Rencananya, di sekitar pasar Tanjung Tiram, yang berdekatan dengan kantor Camat itu nanti akan kita Bagun kantor Polseknya, setelah status asetnya kita hibahkan ke polres Batu Bara, program ini sudah diusulkan ke camat” kata Oky.

Oky berharap pemerintah daerah dapat membantu pembangunan kantor Polsek Tanjung Tiram di lokasi yang baru dengan lebih representatif lagi.

Tanggapan Kapolres

Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima bersama Kapolres, Robinsosn Simatupang dan Anggota DPRD Batu Bara, Ali Atta di Lokasi rencana pembangunan Polsek Tanjung Tiram.

Mendegar rencana itu, Kapolres Batu Bara, AKBP Robinson Simatupang sangat mengapresiasi dan mendukung rencana keinginan tersebut.

Robin mengakui, Polres Batu Bara masih membutuhkan tempat lebih layak lagi bagi kenyamanan pelaksanaan tugas di wilayah tersebut.

“Itu luar biasa. Kita doakan mudah-mudahan saja bisa terwujud,” harap Robin.

Ada Delapan Kantor Polsek Yang Masih Belum Dibangun

Tempat Rencana Lokasi Pembangunan.

Selain kantor Polsek Tanjung Tiram, pemerintah daerah juga memikirkan membantu penataan kantor Polsek di Kawasan pelabuhan Kuala Tanjung, di kecamatan Sei Suka.

“Lokasinya yang strategis disana juga akan menjadikan kantor itu bagian dari wajah Kabupaten yang pertama kali disaksikan tamu yang hendak datang ke Batu Bara, melalui jalur pelabuhan” Tungkas Oky.

Hingga saat ini, di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Batu Bara, Kata Oky masih terdapat 8 Kecamatan yang belum mempunyai polsek.

Yaitu Kecamatan Tanjung Tiram, Sei Balai, Sei Suka , Laut Tador, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Datuk Tanah Datar, Datuk Limapuluh, dan Kecamatan Nibung hangus.

Diharapkan Dapat Meningkatkan Pelayanan Keamanan dan Ketertiban

Kunjungan Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima bersama Kapolres di Lokasi rencana pembangunan Polsek Tanjung Tiram.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kedepanya akan segera memikirkan pembangunan ke enam polsek tersebut sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban yang lebih optimal kepada masyarakat.

“Terkait status lahan, nantinya semua aset Pemkab yang ada di Forkopimda, jika tidak ada masalah akan kami hibahkan kepolres Batu Bara, jadi tidak akan terjadi permasalahan mengenai lahan yang saat ini masih berstatus sebagai tanah Pemkab di kemudian hari,” Tutupnya. *Kontra/Tuah Aulia Fuadi.

1 Comment

1 Comment

  1. best cbd oil

    24 Mei 2020 at 4:12 am

    Superb site you have here but I was curious if you knew of any forums that cover the same topics talked about in this article? I’d really love to be a part of group where I can get feed-back from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thanks!|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top