Connect with us

Agar SAKIP Lebih Baik, Bupati Batubara Ajak PNS Bekerja Lebih Keras

KILAS DAERAH

Agar SAKIP Lebih Baik, Bupati Batubara Ajak PNS Bekerja Lebih Keras

Kontra.ID — Bupati kabupaten Batubara, Ir Zahir Map sangat komitmen dan serius dalam menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di wilayahnya.

Karena itu, semua tolak ukur dan indikator penyelenggaraan pemerintahan bersih pun akan diupayakan untuk dipenuhi.

Salah satunya adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kabupaten Batubara, Bupati mengajak agar seluruh jajaran ASN di pemkab Batubara untuk serius meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) setempat.

Seperti diketahui nilai SAKIP Pemkab Batubara beberapa tahun belakangan ini memang mengalami stagnasi yang panjang, namun hal tersebut tidak berarti membuat pemerintah Batubara pesimis untuk mengapai predikat itu sepanjang seluruh Aparatur pemerintah setempat mau melakukan perubahan.

Informasi yang diterima KONTRA.ID, pada tiga tahun ini Pemerintah Batubara hanya mampu meraih predikat C dengan nilai 37,05.

Namun di Tahun 2019 ini. Bupati Batubara, Zahir akan menargetkan dapat meningkatkan kualitas dan meraih predikat yang lebih baik lagi.


Hal tersebut terungkap saat bupati bersama jajaran Pemerintah Batubara mengelar audiensi pembinaan SAKIP di Gedung Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN- RB) selama dua hari, kamis (27-28/6/2019) lalu.

Bupati Zahir (tengah) Asistem I Adminstrasi Umum sekda Batubara, Attaruddin (kiri), Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan KemenPAN-RB, Muhammad Yusuf Ateh (kanan)

Bupati Batubara mengatakan, pada tahun 2019 ini target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah predikat BB dengan minimal pencapaian B.

Target tersebut akan dilakukan dengan peningkatan 5 komponen penilaian yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi Internal dan capaian kinerja guna meningkatkan nilai hasil evaluasi SAKIP di kabupaten Batubara.

“Untuk itu, mari kita jadikan acara ini sebagai perhatian bersama, karna hari ini adalah momen yang berharga untuk kita manfaatkan karna pemerintah Batubara saat ini telah diberikan keistimewaan oleh deputi reformasi birokrasi dalam memberikan bimbingan kepada kita dalam menyusun perbaikan SAKIP” saranya.

Untuk itu Zahir berharap kepada seluruh OPD di Batubara untuk bersama-sama bekerja keras dan maksimal sehingga predikat tersebut dapat diraih.

“Dengan besar harapan, nilai SAKIP Batubara dapat memperoleh predikat BB kedepan, memang sudah tentu untuk sampai keperdikat tersebut tidak dicapai dengan mudah, tapi semua itu butuh proses dan perjuangan, yang paling penting adalah semnagat dan komitmen kita semua menuju kearah yang lebih baik” tegasnya.

Penguatan SAKIP itu, lanjut Zahir akan dijadikan acuan untuk perbaikan akuntabilitas kerja kedepannya. Dari mulai perencanaan sampai proses penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).

“Saya meyakini, dengan penguatan SAKIP akan mampu mewujudkan visi misi Bupati dan wakil Bupati Batubara 2018-2023, yaitu dapat menjadikan masyarakat Industri yang sejahtera, Mandiri dan Berbudaya” ucapnya.

Dia juga menambahkan dengan terlaksananya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Bara dengan baik ini diharapkan dapat diimplementasikan dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Tak lupa dalam kesempatan itu Bupati Batubara juga mengucapkan terima kasih kepada pihak KemenPan-RB karena telah diterima dengan baik.

“Terima kasih bapak Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan KemenPAN-RB, Muhammad Yusuf Ateh yang telah menyambut kedatangan kami dengan baik. Saya selaku Pemerintah Kabupaten Batubara berkomitmen untuk membangun daerah menjadi lebih baik di tahun ini khususnya dalam SAKIP,” imbuhnya.

Sementara Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan KemenPAN-RB, Muhammad Yusuf Ateh, menyambut Bupati dan rombongan serta memberikan apresiasinya kepada Pemkab setempat dan seluruh jajarannya dalam proses pembinaan ini.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah kabupaten Batubara yang telah hadir disini” sebutnya.

Kepada Pemerintah Batubara Pihaknya juga berpesan untuk meningkatkan semangat para para pekerja di Pemerintah Batubara.

Pihaknya juga akan siap membimbing. KemenPan-RB meluncurkan aplikasi e-SAKIP Reviu sebagai sarana pembinaan pelaksanaan akuntabilitas kinerja secara interaktif dengan komunikasi dua arah antara Pemkab dengan KemenPan-RB.

“Pemerintah kabupaten Batubara harus lebih bersemangat, dan bekerja lebih baik lagi, untuk mencapai hasil yang terbaik,” tutupnya. *Kontra/TAF.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in KILAS DAERAH

To Top